Donat yang Populer

'Doubutsu Doonatsu', Donat Jepang Bentuk Binatang yang Lucu

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Minggu, 20 Sep 2015 10:55 WIB
Foto: Serious Eat
FOKUS BERITA Donat yang Populer
Jakarta - Donat berbentuk binatang populer di Jepang. Dari kucing, beruang, anjing hingga penguin. Semuanya menggemaskan!

Donat bergambar atau berdesain binatang pertama hadir di Jepang, sekitar 4 tahun lalu. Kehadira donat lucu ini langsung jadi perhatian. Donat berlubang tengah diberi lapisan gula bergambar hewan seperti kucing, anjing, babi, kodok, hingga panda.



Salah satu gerai donat hewan di Jepang adalah Floresta yang letaknya di Kawasaki, Jepang. Gerai ini menyediakan donat doubutsu doonatsuu, atau donat hewan yang fresh from the oven. Ketika donat ini telah jadi tren di Jepang, beberapa produsen di Indonesia pun menirunya.

Kini donat berbentuk binatang sudah mulai banyak dijual di Jakarta. Anda bisa membelinya di beberapa pusat perbelanjaan. Seperti di Dobudon, dengan rasa donat lemon, kiwi, karamel, hingga oreo. Setengah lusinnya dihargai Rp 48.000, dan satu lusinnya seharga Rp 90.000.

Bentuknya yang unik lantas menarik perhatian banyak orang. Para orang tua ini ternyata tak sekadar membelikan donat untuk dimakan. Donat ini ternyata bisa jadi media belajar para balita dalam mengenal bentuk binatang.

Setelah sukses dengan donat bergamabr binatang juga hadir Donyatsu, donat dengan karakter komik kucing. Tokoh-tokoh binatang dari manga atau komik Jepang juga bermunculan.





Penjual donat hewan yang lain adalah ‘Animal Doughnut of Ikumimama’ di Kawasaki. Tahun 2012 Ikumi sang pemilik mengunggah donat hewan kreasinya di twitter dan langsung mendapat sambautan dari masyarakat.

Donat berbentuk hewan ini tetap berbentuk cincin. Kemudian dicelupkan dalam glazuur atau cokelat berwarna-warni. Setelah itu satu persatu dilukis wajah hewan berikut detil bentuk wajahnya. Karena dikerjakan manual harganya lumayan mahal. Satu buah donat hewan dihargai sekitar Rp. 126.000 untuk 4 donat.

(lus/odi)
FOKUS BERITA Donat yang Populer