Donat yang Populer

Inilah Resep Dasar Adonan Donat dari Pakar Pastry

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 19 Sep 2015 14:25 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Membuat donat yang lembut tidak sulit. Cukup ikuti langkah pembuatan yang praktis dari pakar pastry ini.

Yongki Gunawan, selaku pakar pastry memberikan tips membuat adonan donat yang mudah. Bahan dasarnya mirip dengan adonan roti, sehingga mudah untuk dipraktekkan di rumah. Tertarik membuat?

1. Bahan
Bahan A: 1 Kg terigu protein tinggi, 20 gr susu bubuk, 100 gr gula pasir, 20 gr yeast (ragi), 5 gr yeast improver.
Bahan B: 2 butir telur, 400-500 gr air es.
Bahan C: 150 gr butter atau margarin.



2. Aduk bahan
Bahan A diaduk dan campurkan dengan bahan B hingga setengah kalis. Kemudian bahan C dikocok hingga kalis menggunakan mixer berbentuk ulir. Setelah adonan kalis, istirahatkan sebentar kira-kira 15 menit dalam keadaan tertutup.

3. Timbang
Setelah itu diamkan sebentar, potong adonan dan timbang. Usahakan berat masing-masing 50 gr dan bentuk dengan cetakan donat. Diamkan lagi setengah jam hingga mekar.



4. Goreng
Tuang minyak padat secukupnya, panaskan hingga 180 derajat. Goreng donat hingga berwarna kecokelatan. Diamkam 2 menit kemudian balik dan diamkan dua menit hingga kecoklatan. Angkat dan hias dengan aneka topping seperti ganache hingga glazur.



5. Hal yang harus diperhatikan
Penggunaan yeast improver berguna untuk menghasilkan tekstur donat yang lembut, empuk dan moist. Saat menggoreng pastikan ada lingkaran putih di bagian tengah. dan saat menggoreng jangan ditekan-tekan atau terlalu sering dibalik.

(lus/odi)