Donat yang Populer

Perhatikan Tiga Hal Penting Ini Saat Menggoreng Donat

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 18 Sep 2015 18:28 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Agar donat kecokelatan dan matang perlu digoreng dengan cara yang tepat. Dari suhu minyak hingga teknik menggorengnya.

Adonan donat secara umum hampir sama seperti roti. Terbuat dari campuran tepung berprotein tinggi, gula, ragi dan air dapat menghasilkan tekstur donat yang empuk. Untuk menghasilkan warna donat yang cokelat keemasan, tentu Anda harus menggorengnya dengan benar.




Salah satu yang wajib diperhatikan adalah teknik menggoreng. "Jangan membolak-balikan donat saat digoreng. Begitu sudah mekar tunggu 2 menit dan balik tunggu 2 menit, lalu angkat," tutur Yongki Gunawan, pakar pastry kepada Detikfood (17/09).

Saat menggoreng, sebaiknya gunakan minyak banyak. Hal ini dilakukan agar donat dapat tergoreng sempurna. "Untuk minyaknya, gunakan minyak padat yang digunakan khusus menggoreng donat," tambahnya.

Minyak padat dapat Anda beli di toko ​bahan ​kue. Minyak ini lebih tahan panas dibandingkan dengan minyak cair. Selain itu, hasil gorengan juga lebih bagus alias donat tidak menyerap terlalu banyak minyak.




"Penggorengan donat dikatakan berhasil jika punya garis putih dibagian tengahnya. Dan saat menggoreng usahakan suhunya sekitar 180 derajat celcius. " jelas pakar pastry yang juga masih aktif mengajar.

Jadi, siapapun dapat membuat donat enak. Yang penting perhatikan 3 poin dalam teknik menggoreng. Jangan dibolak-balik, digoreng dengan minyak padat dan suhunya 180 derajat celcius.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com