Donat yang Populer

Tumpukan Donat Tertinggi dan Kotak Donat Terbesar Pecahkan Rekor Dunia

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Rabu, 16 Sep 2015 11:56 WIB
Foto: Guinness World Record Foto: Guinness World Record
FOKUS BERITA Donat yang Populer
Jakarta - Hampir semua bangsa di dunia menyukai donat. Adonan roti berlubang tengah inipun dibuat beragam bentuk dan rasa. Termasuk juga ditumpuk dan dibuat dalam jumlah fantastis untuk pecahkan rekor dunia. ​

Jika selama ini banyak orang hanya menikmati manis dan legitnya donat, ada juga orang yang ingin membuat prestasi. ​Mereka telah memecahkan rekor dengan donat sebagai objeknya. Tak sedikit juga diantaranya yang bahkan tercatat dalam ​rekor dunia​ Guinness!

1. Tumpukan donat

Peristiwa ini terjadi pada tahun 2007 saat karyawan Century Fox and Capital Radio merayakan ulang tahun mereka. Terinspirasi dari The Simpson Movie, mereka membuat tumpukan donat yang bisa berdiri tegak setinggi 43,5 inchi atau sekitar 110 cm dengan 1.764 donat di dalamnya!

2. Boks donat terbesar



Foto: Guinness

Donat yang mudah dibawa kemana-mana tentu menggunakan kotak donat. The Kuwait Food Co. pun akhirnya memproduksi kotak donat Krispy Kreme yang terkenal di tahun 2009. Kotak donat ini akhirnya tercipta dengan total berat 134 kilogram! Saking besarnya, kotak ini bisa memuat ​sebanyak 2.700 buah donat Krispy Kreme. Kotak ini punya panjang 5,9 meter dan 4,10 meter lebarnya. Sedangkan, tingginya sekitar 87 cm.

3. Barisan donat

Donat juga bisa dibuat barisan terpanjang hingga membuat rekor. Salah satunya seperti barisan donat yang dibuat di Berlin ini. Panjangnya? 561 meter! Donat ini dibuat dalam rangka 30 tahun ulang tahun the Friedrichstadt-Palast, sebuah bangunan yang ada di Berlin, Jerman pada tahun 2014 lalu.

4. Mosaik



Foto: Guinness

Kumpuilan ribuan donat bisa menjadi mosaik yang cantik. Contohnya yang dibuat​ di Ukraina ini. Bertempat di the Lviv Pamykh Festival di kota Lviv, mosaik ini terbuat dari 7.040 donat. Selain menarik perhatian, festival ini juga bertujuan untuk memperkenalkan donat khas Ukrania. Enaknya lagi, setelah dipamerkan, donat-donat ini akan dibagikan kepada seluruh pengunjung.


5. Makan donat

Tak seru jika rekor donat dibuat tanpa lomba makan donat. Ada dua rekor donat yang dibuat, yaitu makan donat berselai dan makan donat yang berlumur bubuk gula. Untuk donat selainya, rekor makan ini dipegang oleh Lup Fun Yau dan Steve McHugh, keduanya berasal dari Inggris. McHugh pertama kali membuat rekor makan 6 donut berselai di tahun 2002 dan Fun Yau di tahun 2007. Di tahun 2012, Patrick Bertoletti yang berasal dari Amerika Serikat bahkan memakan tiga donut berselai dalam satu menit!


6. Penyajian donat



Foto: Guinness

Kazakhstan juga tercatat pernah memecahkan rekor donat di tahun 2013. Para chef di negara ini membuat donat terbanyak, dengan total berat sekitar 666 kilogram! Semua donat-donat tersebut bahkan ditaruh di dalam wadah yang besar dan dalam. Pembuatan donat ini berlangsung karena sebuah mall bernama MEGA Alma-Ata Shopping and Entertainment Mall di Almaty, Kazakhstan merayakan ulang tahunnya yang ke-7.




(tan/odi)
FOKUS BERITA Donat yang Populer