Donat yang Populer​

Camilan Olykoeks Asal Belanda Jadi Cikal Bakal Donat

Maya Safira - detikFood Selasa, 15 Sep 2015 20:18 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
FOKUS BERITA Donat yang Populer
Jakarta - Sudah sejak lama donat menjadi camilan favorit di berbagai negara. Aneka topping pelengkapnya menambah daya tarik donat. Namun asal usul penganan berbentuk cincin ini tetap jadi perdebatan.

Dibalik tekstur empuk dan rasanya yang renyah​ manis, donat menyimpan banyak cerita. Salah satunya konsep adonan goreng yang tidak eksklusif pada satu negara dan budaya tertentu. Sebab variasi mirip donat ada di berbagai negara.

Meski tak ada sejarah pasti kapan dan siapa yang membuat donat, akan tetapi terdapat beberapa kejadian terkait kelahiran camilan ini. Ada yang menyebut kelahiran donat berawal dari kesalahan. Satu kisah menyebut seekor sapi di jaman kolonial menendang sebuah panci berisi minyak. Kemudian minyak tersebut tumpah keatas adonan kue. Dari sini, lahirlah kue donat.



Namun catatan sejarah menyebut roti goreng ini pertama kali diperkenalkan oleh orang Belanda. Mereka membuat olykoeks atau "kue berminyak" pada pertengahan abad 19.

Bentuk awal donat gaya Belanda itu hanya berupa bola-bola sederhana yang digoreng dalam lemak babi sampai cokelat keemasan. Karena bagian tengah tidak matang secepat permukaannya, maka olykoeks terkadang diisi buah-buahan, kacang-kacangan dan isian lain yang tak perlu dimasak.

Ketika imigran Belanda mulai menetap di Amerika Serikat, mereka tetap membuat olykoeks. Adanya pengaruh budaya lain menghasilkan perubahan bentuk olykoeks yang saat ini disebut donat.

Jika sebelumnya solusi bagian tengah donat yang tidak matang diisi dengan filling, Hansen Gregory punya cara lain. Kapten kapal Amerika ini membuat lubang di bagian tengah adonan bola pada tahun 1847.

Adanya lubang memperbesar area permukaan donat yang terkena minyak panas. Sehingga mengurangi bagian tengah yang tidak matang. Karena ide memberi lubang di tengah olykoeks, Hansen disebut penemu bentuk klasik dengan lubang.

Disamping asal usulnya, nama "doughnut" juga jadi perdebatan. Beberapa menyebut nama itu mengacu pada kacang-kacangan yang ditempatkan dalam adonan bola untuk mencegah ketidakmatangan bagian tengah. Ada pula yang mengklaim "doughnut" merujuk pada "dough knots" yang merupakan bentuk populer olykoeks lainnya.

Catatan pertama kata "doughnut" muncul dalam A History of New York buatan Washington Irving tahun 1809. Di awal 1900an, banyak yang menyingkat kata itu jadi "donut". Konon kata donut dipopulerkan di abad 20 oleh gerai Dunkin' Donut. Kini sebutan "doughnut" dan "donut" dipakai bergantian dalam bahasa Inggris.

Sejak awal abad 20, donat memang sudah mengambil tempat di hati warga Amerika. Selama Perang Dunia I, pekerja wanita di Salvation Army menjadi "Doughnut Girls" dimana mereka berada di garis terdepan. Gadis Donat membuat dan memberikan donat untuk tentara Amerika di Prancis yang rindu kampung halamannya. Tentara tersebut disebut sebagai "Doughboy." Bagi mereka, donat telah menjadi simbol dari rumah.

Tahun 1920, mesin donat pertama dibuat di kota New York. Setelah perang berakhir, Adolph Levitt yang merupakan pengungsi asal Rusia membuat mesin donat otomatis. Alat yang menjadi buah bibir di seluruh penjuru kota tampil pada World’s Fair in Chicago tahun 1934.

Sementara itu, mencelup donat ke dalam minuman atau '​dunking donut'​ juga mulai populer tahun 1934. Ini terjadi setelah Clark Gable melakukannya pada acara “It Happened One Night.” Meki begitu, konon kejadian pencelupan donat pertama terjadi di gerai donat kota New York saat aktris Mae Murray tak sengaja menjatuhkan donatnya ke dalam secangkir kopi panas.

Setelah beberapa dekade berlalu, saat ini donat masih menjadi menu sarapan dan camilan favorit masyarakat Amerika. Sampai-sampai lebih dari 10 milyar donat dibuat di Amerika Serikat tiap tahunnya. Mereka juga membuat hari peringatan untuk donat tiap tanggal 7 Juni. Biasanya National Donut Day dirayakan dengan pembuatan donat unik.

Jaringan donat besar Amerika seperti Krispy Kreme dan Dunkin Donuts sudah mendapat posisi tinggi selama beberapa dekade terakhir. Tak tergerus waktu, tren donat tetap mengalami perkembangan dengan hadirnya donat homemade. Donat pun hadir dengan citarasa unik dan topping menarik di banyak kota besar Amerika.
​​

(tan/odi)
FOKUS BERITA Donat yang Populer