Hilangkan Ketombe dan Cegah Kerontokan Rambut dengan Daun Jambu Biji

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 15 Sep 2015 16:04 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Rambut rontok lebih dari 100 helai per hari bisa memicu kebotakan. Daun jambu biji ​bisa dipakai untuk mengatasinya. Karena​ mengandung zat anti mikroba, antioksidan dan vitamin C ​ yang ​dapat atasi masalah rambut.

Daun jambu biji mengandung antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid seperti quercetin. Sehingga dapat membantu cegah kerontokan rambut hingga bersihkan kulit kepala.

Anda dapat m​emakai​ cara alami ini untuk ​meny​ehatkan rambut.



1. Atasi rambut rontok
Wanita lebih rentan alami rambut rontok dibanding pria. Selain diakibatkan karena rambut berminyak, kerontokan juga dapat terjadi karena stres dan makanan. Jika Anda mengalami kerontokan rambut, Anda dapat mengatasinya dengan mencuci rambut dengan air daun jambu biji yang kaya vitamin C. Caranya adalah dengan mencuci rambut kemudian memijat airnya ke kulit kepala.
 
2. Usir ketombe
Serpihan kotoran berwarna putih bisa membuat penampilan kurang maksimal. Alih-alih menggunakan bahan kimia untuk mengatasinya, cobalah gunakan daun jambu biji. Caranya dengan menyiram kulit kepala dengan air rendaman bubuk daun jambu biji. Diamkan rambut selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

3. Cegah rambut bercabang
Rambut pecah-pecah bisa membuat rambut Anda terlihat kusam. Selain menggunting rambut, Anda juga bisa melakukan perawatan alami di rumah. Haluskan daun jambu biji, kemudian oleskan pasta daun jambu pada ujung rambut. Tambahkan juga pasta dengan satu sendok teh madu, diamkan sebentar. Bilas dengan air hangat suam-suam kuku.



4. Perawatan kulit kepala
Kulit kepala yang gatal biasanya diakibatkan karena rambut yang kotor. Untuk menghilangkan rasa gatal, cucilah rambut dengan jus daun jambu biji dua kali dalam sebulan. Cara ini sekaligus dapat membuat rambut lebih bercahaya dan mendorong akar rambut tumbuh lebat.
 
5. Atasi rambut berminyak
Rambut berminyak tentu membuat rambut terlihat lepek dan lebih mudah rontok. Untuk mengatasinya​, ​rendam segenggam daun jambu biji dalam air panas selama 20 menit. Bilas rambut dengan air rendaman dan jangan menambahkan sabun. Cara ini dapat membantu ​mem​bersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak yang berlebih. 

(lus/odi)