Dim Sum Lezat

Ini Cara Menyantap Xiao Long Bao agar Tak Berantakan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 08 Sep 2015 09:18 WIB
Foto: Thinkstock
FOKUS BERITA Dim Sum Lezat
Jakarta - Xiao Long Bao salah dumpling khas Shanghai yang populer. Dumpling ini berisi daging dan kaldunya. Karenanya harus disantap dengan benar agar tak berantakan.

Xiao long bao disebut juga soup dumpling adala salah satu dumpling asal Shanghai. Dinamakan xiao long bao karena dumpling ini dikukus dalam wadah bambu kecil atau xiaolong. Isian sajian ini adalah daging babi, namun di beberapa restoran memakai isian seafood, daging ayam, daging sapi atau bulus.

Secara tradisional, xiao long bao dijadikan sebagai dim sum atau camilan. Zaman dulu, masyarakat China sering menikmatinya bersama-sama (4-8 orang). Dengan alas tikar, dim sum jenis ini disantap dengan Chineese black vinegar dan jahe iris.

Xiao long bao memang dikenal berasal dari Shanghai. Akan tetapi kini, sajian makanan ini juga populer di Taiwan dan Hong Kong. Tak seperti dumpling lainnya, dim sum ini justru berisi kaldu hangat yang nikmat.

Jika Anda tidak memahami cara menyantap xiao long bao. Mungkin baju Anda akan terkena cipratan kuah atau lidah kepanasan karena memakannya panas-panas.

Beberapa tahapan ini perlu Anda ikuti agar sukses menyantap dumpling lezat ini.

1. Ambil xiao long bao dari klakat dengan sumpit. Kemudian tadahi atau taruh di dalam sendok bebek yang disediakan.

2. Kemudian gigit sedikit atau koyak bagian samping kulitnya hingga kaldu panas dalam dumpling mengalur ke luar.

3. Hisaplah kaldu dengan cara menyesap hingga seluruh kaldu pada sendok bebek habis.

4. Untuk menambah rasa yang nikmat, tambahkan cuka atau jahe iris pada dumpling dan langsung memakannya.

Dalam proses pembuatannya, beberapa restoran membuatnya dengan kaldu kulit babi ataupun ceker ayam yang mengandung banyak gelatin. Sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam dim sum dan akan lumer dalam keadaan panas.

Dumpling ini harus dimakan panas karenanya segera nikmati saat disajikan. Umumnya restoran akan mengganti xiao long bao yang sudah dibiarkan beberapa menit di meja dan belim disantap tamu, dengan yang baru dan panas. Ini untuk menjamin xiao long bao tetap enak hingga gigitan terakhir.

(lus/odi)
FOKUS BERITA Dim Sum Lezat

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com