Yang Lezat dari Jepang

Kakigori, Es Serut dengan Aneka Rasa yang Menyegarkan

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 25 Apr 2015 10:31 WIB
Foto: Japanistas.com
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Jepang
Jakarta - Seperti negara Asia lainnya, Jepang juga punya minuman dingin yang biasa dinikmati saat musim panas tiba. ​Minuman ini berupa​ es serut yang disiram sirup dengan topping buah kalengan hingga kacang merah.

Kakigori merupakan salah satu dessert yang populer di Jepang. Minuman ini dibuat dari es baru yang siserut halus dengan siraman sirop. Seperti strawberry, ceri, lemon, matcha, melon hingga cokelat.​

Menurut sejarahnya, es serut asal Jepang ini sudah ada sejak periode Heian yaitu sekitar abad ke 11. Pada saat itu es dihancurkan dengan pisau dan ditaruh pada mangkuk logam dan dimakan dengan cairan manis dari jenis tanaman merambat seperti hydrangea dan ivy.

Akan tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, kakigori banyak mengalami perubahan. Untuk mempermanis penampilan kakigori, ditambahkan dengan susu evaporasi atau susu kental manis.

Secara tradisional, balok es diserut secara manual dengan alat. Akan tetapi kini sudah banyak toko-toko yang menjual alat penyerut es yang elektrik sehingga mempermudah penyajiannya. Kakigori biasanya dijual di toko-toko, kedai kopi, restoran hingga acara-acara festival.​

Selain berbentuk kerucut, kakigori juga dapat dibuat menjadi bentuk yang unik seperti beruang. Es serut dibentuk menyerupai bentuk hewan lengkap dengan diberi sereal cokelat dan tambahan selai strawberry segar. Atau dipadukan dengan susu bubuk hingga cokelat yang manis.

​Cara paling mudah membuat kakigori adalah dengan menyiram es serut dengan aneka sirop. Sebagai toping bisa ditambahkan leci atau kelengkeng kalengan, irisan strawberry atau ogura (pasta kacang merah rebus)​. Cara menikmatinya dengan menyendoki perlahan-lahan, es yang meleleh bercampur dengan sirop dan buah. Slruup, segar!

(tan/odi)
FOKUS BERITA Yang Lezat dari Jepang