Makanan Populer Amerika

Mac and Cheese, Pasta dengan Balutan Keju yang Creamy

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 19 Apr 2015 14:13 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Paduan makaroni dan keju merupakan salah satu comfort food orang Amerika. Anak-anak hingga orang dewasa sering menikmati sajian ini dan menjadi salah satu makanan sarapan hingga camilan gurih.

Keju yang dipadukan dengan makaroni disebut juga sebagai "Mac and Cheese" dalam bahasa Amerika yang berarti "Makaroni Pie".

Mac and cheese alias makaroni keju memang populer di Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Australia. Selain enak, sajian ini juga kaya akan zat gizi yang dapat membantu menjadi sumber energi serta protein bagi tubuh.

Jika menelusuri jejak mac and cheese yang berbahan pasta makaroni dari Italia ini sudah populer semenjak Thomas Jefferson, selaku presiden Amerika Serikat ketiga membawa pulang mesin pembuat pasta sepulang dari Eropa.

Kemudian sajian ini diuji coba pada tahun 1802 dengan wujud yang berbeda dengan mencampurkan pasta makaroni dengan campuran minuman keras.

Kemudian ia memodifikasi resep dengan memgganti minuman keras dengan mentega dan keju. Pada tahun 2000-an hidangan ini semakin populer di restoran-restoran Amerika.

Sajian ini terbuat dari pasta makaroni yang dipadukan dengan mentega, tepung terigu, susu segar, keju cheddar dan parmesan parut. Bisa juga ditambahkan bumbu seperti pala bubuk, merica bubuk, mustard dan diberi topping keju cheddar parut dan lelehan keju mozzarella.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com