ADVERTISEMENT

​Kuliner Manado

Dimasak dengan Woku Hingga Rasanya Gurih Pedas Beraroma

Maya Safira - detikFood
Rabu, 08 Apr 2015 14:12 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Sulawesi Utara punya berbagai hidangan lezat. Salah satunya adalah masakan woku. Di Minahasa terdapat dua jenis woku, termasuk woku belanga. Sajian ini bukan hanya sedap berempah tetapi juga sehat.​

Nama masakan woku berasal dari daun woka yang biasa dipakai untuk membungkus nasi. Dalam kuliner Manado, woku adalah bumbu masakan yang kaya rasa.

Ada dua jenis woku yaitu woku daun dan woku belanga. Baik bahan dan bumbu keduanya sama. Perbedaan terletak pada tahap akhir pembuatan.

Woku daun dibungkus dalam daun pisang kemudian dipanggang layaknya pepes atau pais. Sedangkan woku belanga ditambah sedikit air dan dimasak dalam belanga atau panci.

Sajian woku belanga pun tampak berkuah. Teksturnya bisa encer atau kental, tergantung selera. Selain itu, ada pula sebutan woku santan karena ditambah sedikit santan.

Bumbu yang dipakai untuk memasak woku antara lain kemangi, daun jeruk, daun pandan, kunyit, serai, daun bawang, tomat, cabai, jahe dan bawang putih. Meski bumbu dan bahan cukup banyak, akan tetapi pembuatan woku belanga cukup sederhana.

Untuk membuatnya, bumbu halus ditumis dengan sedikit minyak. Kemudian daging atau sayuran untuk woku belanga dimasukkan ke dalam panci. Selanjutnya tambah daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, dan air. Setelah daging atau sayuran matang, masukkan daun bawang dan kemangi hingga layu. Hidangan bisa tersaji dalam waktu kurang dari setengah jam.

Woku belanga memiliki kuah berwarna kuning dengan tambahan merah dari tomat dan hijau dedauanan yang digunakan. Rasanya gurih pedas dan menyegarkan dengan aroma harum dari daun jeruk, kunyit, pandan dan kemangi.

Adapun woku belanga kebanyakan terbuat dari ikan https://food.detik.com/read/2014/12/04/114746/2767573/297/asam-segar-ikan-woku-belanga-untuk-santap-siang. Seperti ikan kerapu, kakap, tenggiri atau bobara. Bagian kepala ikan berukuran besar dapat meningkatkan nilainya ketika diolah jadi woku belanga. Selain itu, kepiting, udang, cumi-cumi juga bisa dipakai dalam masakan woku belanga.

Disamping seafood, beragam sayuran dan ayam https://food.detik.com/read/2015/02/17/125429/2835378/297/pedas-hangat-ayam-woku-belanga-khas-manado-untuk-santap-siang dapat dimasak woku belanga.

Mau buat woku belanga? Coba saja resep ayam woku belanga https://food.detik.com/readresep/2126/1037/resep-ayam-ayam-woku-balanga dan ikan woku belanga https://food.detik.com/readresep/324/285/ikan-woku-belanga.

(tan/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT