Olahan Tahu

Lembut Hangat Tahu Susu dari Kota Kembang

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 08 Mar 2015 08:24 WIB
Foto: detikfood
FOKUS BERITA Olahan Tahu
Jakarta - Menyebut tahu susu Bandung sudah pasti yang teringat adalah Tahu Susu Lembang. Di sini Anda tidak hanya dapat melihat proses pembuatannya, akan tetapi juga dapat jalan-jalan sambil mencicipi olahan tahu yang bervariasi.

Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang berasal dari Tiongkok. Berasal dari kata "doufu" yang memiliki arti kedelai yang terfermentasi. Tahu dibuat dengan cara menambahkan zat penggumpal yang dibuat dari rendaman tahu selama lebih dari 24 jam.

Tahu yang berkembang di Indonesia sangat beragam jenisnya. Salah satunya adalah tahu susu, jenis tahu ini merupakan sajian tahu khas Bandung. Tahu ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur tahu yang lembut.

Yang menjadi ciri khas dari tahu susu Bandung adalah bahan yang dicampurkan saat pembuatan tahu. Tahu susu terbuat dari campuran kacang kedelai, susu sapi murni, mentega, garam, kunyit, bawang putih, air dan biang tahu.

Dalam proses pembuatannya, kacang kedelai direndam selama 4 jam, dicuci dan digiling hingga lembut. Setelah itu direbus selama kurang lebih satu jam, kacang kedelai disaring dan dipisahkan ampasnya.

Setelah itu barulah ditambahkan susu murni, mentega, garam serta air biang tahu kemudian dimasukkan dalam cetakan dan dipress. Tahu dipotong sesuai ukuran dan didinginkan kemudian tahu siap untuk digoreng.

Di Bandung, tahu susu yang terkenal berada di kawasan Lembang. Di sini produksi tahu hingga aneka olahan sajian tahu dapat Anda nikmati. Jenis tahu susu yang ditawarkan ada dua jenis. Ada tahu susu kuning dan tahu susu putih. Jenis tahu ini hanya berbeda dalam pemakaian kunyit saja, secara umum rasanya tetap sama.

Tak hanya enak dipadukan dengan cabai rawit, akan tetapi tahu susu yang sudah digoreng juga semakin mantap saat dipadukan dengan saus kacang hingga kecap.

 Tahu susu yang sudah digoreng biasanya dapat bertahan 1-2 hari dalam suhu ruang. Sedangkan untuk tahu segar yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan hingga 3 hari.






(lus/odi)
FOKUS BERITA Olahan Tahu

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com