Agar Lebih Sehat Orang Amerika Dianjurkan Minum 3 Cangkir Kopi Tiap Hari

ADVERTISEMENT

Agar Lebih Sehat Orang Amerika Dianjurkan Minum 3 Cangkir Kopi Tiap Hari

- detikFood
Rabu, 25 Feb 2015 06:30 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Menurut sementara orang kopi mengandung banyak kafein. Karenanya tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun, sebuah penelitian terakhir justru merekomendasikan konsumsi kopi minimal 3 cangkir sehari.

Komite penasihat diet Amerika Serikat memberikan rekomendasi kepada FDA (Food and Drug Administration) dan agen federal lainnya. Laporan rekomendasi ini menunjukkan manfaat kesehatan dan risiko minimal dengan minum 3-5 cangkir kopi per hari. Termasuk berkurangnya risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Laporan ini menyebutkan konsumsi 3-5 cangkir kopi (400 mg) sebagai konsumsi ‘moderat’ yang di atas rata-rata konsumsi kopi pada umumnya. Karena tak ada negara yang minum kopi sebanyak itu per kapita per tahun.

Menurut data Euromonitor di Amerika jumlah konsumsi per kapita per tahun, 0.93 cangkir per hari Sedangkan Belanda mencatat konsumsi tertinggi, rata-rata 2.4 cangkir per orang.

Jumlah tersebut tidak termasuk anak muda, dan peneliti mnganjurkan anak-anak tidak minum minuman berkafein, Namun, konsumsi kopi pada usia 18 tahun di Amerika hanya 1.21 cangkir per orang, masih jauh dari jumlah yang disarakan.

‘Kami melihat kopi punya banyak manfaat kesehatan. Terutama jika diminum lebih dari 2 cangkir per hari,” demikian jelas Miriam Nelson, professor dari Tufts University dan anggota penelitian seperti dikutip dari Bloomberg (21/2).

Peneliti juga mengingatkan akan adanya penambahan gula, krim dan susu pad akopi yang justru akan mengurangi manfaat kopi murni. Konsumsi kopi juga berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan ketersediaan kopi di pasaran.

Belum lagi harga kopi di Amerika cukup tinggi. Sebagai gambaran 1 gelas (355 ml) kopi di Starbucks harganya sekitar Rp.30.000 dan mencapai Rp. 24.4 juta per tahun jika dikonsumsi sesuai anjuran.




(tan/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT