Kue dan Roti Nostalgia

Ontbijtkoek, Kue Sarapan dengan Semerbak Wangi Rempah

- detikFood Jumat, 14 Nov 2014 11:29 WIB
Foto: Nanningskoek Foto: Nanningskoek
Jakarta -

Kue yang diadaptasi dari kuliner Belanda ini selalu bikin kangen. Sponge cake atau bolu dengan paduan rempah dan taburan almond iris ini rasanya legit dengan aroma harum rempah. Menjadi menu sarapan wajib saat akan mulai beraktivtas.

Ontbijtkoek biasa disebut dengan "kue sarapan pagi", namun orang zaman dulu juga sering menyebutnya dengan roti rempah dari Belanda. Ontbijtkoek memiliki tekstur yang kering karena dalam proses pembuatannya tidak menggunakan lemak (margarin, mentega dan minyak) sama sekali.

Rempah seperti cengkih, kayu manis, jahe dan pala menjadi rempah-rempah wajib yang harus ada dalam adonan ontbijtkoek. Awalnya, ontbijtkoek hanya disajikaan saat sarapan. Kini, ontibijtkoek justru disajikan untuk camilan siang atau sore hari.

Karena teksturnya kering, orang zaman dulu menikmati kue ini sebagai isian roti tawar. Satu iris ontbijtkoek diberi olesan mentega yang tebal dan diapit dua lembar roti tawar.

Resep aslinya, ontibijtkoek dibuat dengan menggunakan campuran tepung gandum hitam sedangkan di Indonesia cake ini dibuat dengan menggunakan tepung terigu.

Warna cokelat yang dihasilkan dari ontbijtkoek Belanda berasal dari penggunaan brown sugar. Akan tetapi di Indonesia lebih banyak menggunakan gula palem, gula aren bubuk atau gula semut untuk menghasilkan warna cokelat alami.

Seiring berkembangnya zaman, ontibijtkoek banyak disajikan dalam bentuk muffin ataupun sponge cake. Tentunya dengan topping yang enak seperti almond, wijen, kismis dan chocolate chips.

Selain membuatnya sendiri, ontibijtkoek juga dapat Anda temui di toko roti ataupun kue. Cake ini enak dicikmati dengan teh atau kopi untuk melengkapi rasa rempah manis yang berasal dari cake.

(lus/odi)