Hainanese Chicken Rice Mana yang Paling Enak di Singapura?

- detikFood Kamis, 23 Okt 2014 15:03 WIB
Nasi Hainanese Chicken
Singapura - Irisan ayam rebus disajikan bersama irisan mentimun. Didampingi semangkuk nasi, saus sambal, dan saus jahe bawang. Ayam khas Hainan ini menjadi makanan nasional Singapura.

Menyebut ‘Hainanese Chicken Rice’ orang pasti teringat akan Singapura. Meskipun sajian nasi ayam ini juga ada di Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Asal muasal sajian ayam ini dari propinsi Hunan, Tiongkok Selatan.

Dikenal juga dengan sebutan Wengchan Chicken karena diadaptasi oleh keturunan Tiongkok di Nanyang. Dibawa oleh orang Hunan yang datang ke Singapura pada tahun 1850. Aslinya sajian ayam ini hanya berupa ayam rebus dan nasi yang dikepal atau nasi putih.

Di Singapura Hainanese Chicken Rice (HCR) dijajakan di hawker, warung makan, hingga restoran berbintang. Termasuk dalam penerbangan Singapore Airlines. Sejumlah restoran juga mengklaim diri sebagai yang legendaris atau paling enak. Sajian HCR juga mengalami perubahan.

Ayam yang diolah menjadi HCR berupa ayam negeri seberat 2 kg. Jika terlalu kecil dagingnya tipis dan aromanya anyir. Ayam utuh tanpa kepala dan ceker ini direbus dalam air yang diberi garam, bawang putih, dan jahe hingga matang.

Setelah itu ayam dalam keadaan panas dimasukkan ke dalam wadah berisi air dan es batu. "Fungsinya untuk menghentikan proses pemasakan. Kolagen dalam kulit ayam akan membeku dan kulit ayam akan licin bagus," demikian jelas pemilik hawker Ah Tai HCR di Maxwell Food Centre pada Detikfood.

Kaldu perebus ayam dipakai untuk menanak nasi pendamping HCR. Karenanya selain pulen, nasi terasa gurih dengan aroma wangi pandan, jahe, dan kaldu yang sedap.

Untuk penyajian, daging ayam dalam suhu ruangan diiris melintang selebar 2 cm. Ditaruh dalam piring berisi irisan mentimun. Disajikan dengan saus sambal, saus bawang jahe, kecap, dan kaldu serta nasi. Sajian ayam dengan nasi berbumbu plus aneka saus merupakan ciri khas HCR Singapura.

Bagaimana memilih Hainanese Chicken Rice paling enak? Menurut Andrew Wong, senior researcher Makansutra, ada 3 jenis sajian HCR. Yang pertama, khas Canton, ayamnya putih polos tanpa tambahan apapun kecuali timun. Yang kedua, diberi saus soya yang encer, bening cokelat muda dan yang terakhir, diberi saus soya yang agak kental. Pastinya pilihan akan tergantung selera.

‘Kecuali itu ada HCR yang punya nasi yang gurih enak. Ada pula yang ayamnya enak tetapi nasinya kurang enak. Juga ada yang saus sambal dan saus jahenya enak,’ jelas Andrew Wong yang sangat piawai dalam diskripsi detil makanan.

Salah satu HCR yang direkomendasikan oleh K.F Seetoh Makansutra adalah Tian Tian Hainanese Chicken Rice di Maxwell Food Ctr. Gerai ini masuk dalam daftar 24HR-Street-Food-Frenzy Safari (19/10) lalu.

Papan nama biru putih menyala mudah dikenali dari deretan penjaja makanan lain. Ciri yang lain, selalu ada antrean di gerai ini. Jadi harus sedikit bersabar.


Irisan daging ayam di piring oval berwarna kuning pucat dengan serat halus. Di bawahnya ada irisan mentimun dan sedikit kuah cokelat muda bening.

Nasinya kecokelatan, wangi gurihnya langsung tercium. Nasi Hainan ini dipuji oleh Anthony Bourdain, chef dan pembawa acara kuliner TV dari Amerika. Benar katanya, nasinya memang pulen, gurih dengan wangi bawang putih yang enak. Ayamnya juga lembut, juicy, tak ada aroma manis.

Tak jauh dari gerai ini ada Ah Tai Hainanese Chicken Rice yang dibuka oleh mantan koki Tian Tian. Konon rasa daging ayamnya gurih empuk dan banyak orang menyukai saus sambalnya yang enak. Meskipun kompetitor mereka punya pelanggan masing-masing.

O, ya kalau suka versi ayam panggang, HCR juga umum disajikan dengan ayam panggang yang garing kecoekelatan. Beberapa tempat dengan menu andalan HCR ini bisa Anda singgahi jika ke Singapura.

Tian Tian Hainanese Chicken Rice
1 Kadayanallur St Stall 10 Maxwell Food Ctr, Singapura
Buka : Jam 10- habis
website: www.tiantianhainanchickenrice.com

Bun Tong Kee
399/401 Belestie Road, Singapura

Wee Nam Kee Chicken Rice
275 Thomson Rd #01-05 Novena Ville, Singapura
Buka : Jam 10.00 – 14.00

Hong Ji Chicken Rice
Blk 335 Smith St #02-131 Chinatown Complex, Singapura
Buka: jam 15.00 – 21.00

(fit/odi)