Wah, Ulat Hong Kong Kini Sudah Diolah Jadi Makanan Enak di Korea

- detikFood Selasa, 30 Sep 2014 13:26 WIB
Foto: Zuma Press // Getty Images Foto: Zuma Press // Getty Images
Jakarta - Serangga makin dilirik masyarakat dunia sebagai alternatif pangan kaya nutrisi. Korea Selatan juga ikut mengembangkan potensi serangga melalui produk makanan berbahan mealworm.
 
Mealworm atau ulat Hong Kong merupakan larva dari kumbang dengan bentuk menyerupai belatung. Mulai bulan ini, ulat tinggi protein dan omega-3 tersebut akan tersedia dalam produk makanan yang dikembangkan oleh National Academy of Agricultural Science bersama Worldway Co selaku produsen makanan Korea.

"Kami sudah melakukan uji rasa publik untuk pizza, pasta, bubur, dan jus yang dibuat atau ditambahkan mealworm bulan lalu. Kami terkejut karena tanggapannya cukup baik. Banyak orang menyukainya," tutur Yun Eun-Young, peneliti di akademi milik negara, seperti dilansir dari The Wall Street Journal (16/09/2014).

Saat dipasarkan secara komersil, mealworm akan dihaluskan dan dijual dalam bentuk bubuk. Sebab orang tidak ingin melihat bentuk asli serangga sambil menyantapnya. Bubuk ini bisa diolah jadi bahan utama roti, biskuit, atau mie.

Kandungan protein mealworm hampir sama dengan daging sapi atau ayam, serta dua kali lipat daging babi. Mealworm juga menjadi sumber alami mineral dan lemak tak jenuh yang dianggap baik untuk kesehatan.

Menurut Yun Eun-Young, serangga dapat menggantikan daging sapi, ayam, atau babi sebagai sumber protein pada tahun 2050. Sebab saat itu diprediksi permintaan produksi daging dua kali lipat lebih banyak agar bisa memenuhi kebutuhan pangan manusia.

Kementerian Pangan dan Keamanan Obat Korea Selatan sendiri pada bulan Juli lalu telah menyetujui mealworm sebagai bahan baku aman untuk makanan. Ini berarti mealworm dapat dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari jika diproses dengan benar.

Izin tersebut menjadi bagian dari upaya pemerintah memperbesar industri serangga dalam negeri hingga mencapai 300 miliar won (Rp 34,8 miliar) pada akhir 2015. Termasuk dengan membudidayakan serangga sebagai pengendali hama, penyerbukan dan bahan makanan.

Masyarakat Korea Selatan sebenarnya tak asing dengan hidangan yang jarang dikonsumsi seperti sup anjing, bbq daging kuda, pupa ulat sutra kukus, dan belalang goreng. Meski begitu, mealworm hingga kini masih dijadikan pakan hewan di Korea.

(fit/odi)