Serangga Makanan Bernutrisi

Krenyes Gurih Keripik Jangkrik yang Enak dan Kaya Protein

- detikFood Sabtu, 06 Sep 2014 11:32 WIB
Foto: Modern farmer
Jakarta -

Beragam serangga ternyata enak diolah menjadi camilan. Ini karena kandungan proteinnya yang tinggi. Beberapa wilayah Asia Tenggara dan Inggris telah mengolah jangkrik menjadi makanan yang inovatif dan berkualitas tinggi.

Serangga dapat menjadi alternatif makanan lezat dan sehat untuk dijadikan sebagai keripik yang gurih dan berprotein tinggi. Di Thailand sajian keripik jangrik dibumbui dengan bumbu kari hijau dan bumbu BBQ yang gurih renyah.

Seperti dilansir Modern farmer (06/05/2014), tak hanya di wilayah Asia, Inggris telah berinovasi membuat tortilla chips dari serangga jangkrik yang dibuat menjadi tepung terlebih dahulu. Makanan ini telah di uji selama berbulan-bulan di Harvard.

Rose Wang, selaku Co Founder mengatakan produk akhir yang dibuat harus memberikan rasa unik. Kami melakukan beberapa percobaan dengan membuat tortilla chips dari tepung jangkrik dan ulat. Akan tetapi ulat sangat tidak diminati, jangkrik justru lebih disukai.

Laura D'Asaro, selaku Co Founder pernah menangkap serangga dalam perjalanan ke Tanzania setelah mencoba ulat goreng yang lezat. Wang sahabat D' Asaro juga sudah mencicipi sate kalajengking saat bepergian ke Beijing. Kedua wanita ini juga tahu baru-baru ini PBB baru merilis sebuah laporan yang menganjurkan untuk menyantap serangga.

Anjuran PBB ini untuk meningkatkan kualitas gizi keripik yang bebas gluten, rendah lemak dengan tiga kali protein. Tentu saja serangga jauh lebih memiliki prospek yang bagus sebagai sumber protein pengganti ayam ataupun sapi dan menghindari efek gas rumah kaca.

Di Indonesia serangga seperti jangkrik, belalang dan laron tak hanya digunakan untuk pakan ternak. Akan tetapi juga diolah menjadi sajian yang lezat. JDi beberapa daerah di Indonesia serangga dijadikan sebagai keripik dan juga rempeyek. Rasanya yang gurih dan mengandung protein menjadi salah satu alasan banyak orang mengonsumsi hidangan ini.

(dni/odi)