Pohon Hybrid Ini Dapat Hasilkan 40 Jenis Buah dalam Satu Pohon

- detikFood Kamis, 07 Agu 2014 16:30 WIB
Foto: NPR Foto: NPR
Jakarta -

Pohon dengan satu jenis buah sudah biasa. Akan tetapi bagaimana jika dalam satu pohon Anda ada 40 jenis buah yang berbeda. Pematung asal New York membuat karya yang fantastis dan menakjubkan dengan pohon.

Pematung asal New York, Sam Van Aken memulai proyek ini pada tahun 2008. Ia membeli pohon yang tidak terurus di sebuah kebun di New York dan ia juga bereksperimen dengan "okulasi dengan batang". Pria berumur 42 tahun ini menciptakan patung hidup berbentuk pohon buah yang unik yang dirancang untuk mekar dalam beberapa warna.

Pohon ini dapat menghasilkan lebih dari tiga lusin varietas buah peach, plum, nectarine dan ceri. Proyek yang sedang berlangsung ini merupakan bagian dari penelitian, konservasi dan karyaseni yang indah.

Pohon buah super hibrida ini dilakukan melalui grafing yaitu suatu teknik yang melibatkan penggabungan salah satu bagian dari tanaman yang satu dengan yang lain.

Pohon ini bukan merupakan rekayasa genetika. Van Aken yang merupakan seorang profesor di Departemen Seni Syracuse University menggunakan teknik kuno yang disebut dengan mencangkok untuk melampirkan cabang dari 40 jenis buah dalam satu pohon. Ini disebut "pohon 40 buah".

"Teknik ini sebenarnya telah ada selama ribuan tahun dan tampaknya pada hieroglif di Mesir." Tutur Van Aken. Banyak pohon buah-buahan komersial dicangkokan.

Petani memilih dasar pohon yang bekerja dengan baik sesuai iklim mereka. Kemudian Van Aken mengatakan, "Proses okulasi dilakukan dengan cara memotong batang pohon dan memasukkannya ke potongan batang pohon lain. Sehingga kombinasi dua varietas akan menyeberang dan menyerbuki satu sama lain sehingga Anda akan mendapatkan satu set buah yang lebih baik."

Pada musim semi pohon ini akan berkembang menjadi beberapa warna yang berbeda, Pohon buah tampak normal, kemudian di musim semi, bunga-bunga akan berubah menjadi aneka ragam warna yaitu pink, fuchia, ungu dan merah. Pada musim panas daun akan mengering dan terlihat banyak buah. ‚Äč

(lus/odi)