Slruup! Sup Molokhia yang Gurih dan Kaya Nutrisi dari Mesir

- detikFood Kamis, 17 Jul 2014 13:08 WIB
Foto: alternativeegypt.com // Wikipedia
Jakarta - Sup khas Mesir ini umum disajikan di bulan Ramadan dan Idul Fitri. Tampilannya memang kurang menarik, tapi rasanya gurih lembut dengan aroma khas. Racikan sup ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Nama molokhia, disebut juga mulukhiya atau molokheya diambil dari nama daun yang dipakai sebagai bahan utama sup ini. Daun molokhia pertama kali ditemukan di India dan Filipina. Namun daun yang juga disebut Jew's mallow ini, menjadi salah satu makana pokok di Mesir sejak zaman Firaun.

Molokhia juga dikonsumsi oleh negara Timur Tengah lain, seperti Libya, Yordania, Palestina dan Libanon. Banyak orang menyangka daun ini adalah bayam, karena warna dan bentuknya sangat mirip.

Di Mesir sup molokhia terbuat dari daun molokhia yang dicampur dengan air kaldu, tumisan bawang putih, dan ketumbar. Tekstur molokhia yang lembut saat direbus membuatnya sangat lembut di lidah.

Sup molokhia biasanya dimakan bersama nasi dan lauk lain seperti ayam, seafood, daging sapi, daging kambing, atau daging kelinci. Para ibu di Mesir sering menambahkan potongan ayam atau daging yang umum disajikan khusus untuk anak-anak.

Selain rasanya yang lezat, sup ini juga kaya akan nutrisi. Daun molokhia mengandung kalsium dan fosfor tiga kali lebih besar dibanding kubis. Daun ini kaya zat riboflavin atau vitamin B2 yang berperan penting dalam mengatur metabolisme tubuh, pembentukan sel darah merah, dan menjaga kesehatan pencernaan. Molokhia juga mengandung 70% vitamin C dan 25% vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh tiap harinya.

Meskipun menyehatkan molokhia pernah dilarang untuk di konsumsi pada masa Dinasti Fatimiyah. Khalifah Al-Hakim Abu Ali Mansour yang memerintah pada masa itu melarangkonsumsi molokhiah karena dipercaya dapat menstimulasi hasrat seksual pada wanita.

Namun ketika pemerintahannya usai, molokhia kembali dikonsumsi dan menjadi makanan tradisional keluarga. Pada hari biasa sup molokhia di sajikan sebagai makanan utama keluarga tiap minggunya. Sup ini juga menjadi sajian untuk menjamu teman dan keluarga yang datang berkunjung ke rumah.

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com