Remaja Tiongkok Berjalan Ditemani Kol untuk Hilangkan Risau

- detikFood Selasa, 06 Mei 2014 10:31 WIB
Foto: Europics
Beijing - Minggu lalu remaja di Tiongkok diberitakan melakukan aksi berjalan dengan kol untuk mengatasi kesepian dan depresi. Namun kegiatan yang dilakukan dalam Midi Music Festival Beijing tersebut ternyata merupakan sebuah pertunjukan seni.

Pertunjukan ini dilakukan mengikuti karya seniman Tiongkok, Han Bing, yang melakukan foto seri "Walking the Cabbage". Dalam karya seni tersebut, Han Bing menggambarkan berbagai aksi menyeret kubis berantai di berbagai lokasi. Proyek seni Han Bing dimulai pada tahun 2000 dengan foto berjudul "Walking the Cabbage in Tiananmen." Sejak itu Han Bing memulai serangkaian foto bersama kol.

Tujuan Han Bing membuat seni "Walking the Cabbage" adalah agar orang-orang melihat seberapa banyak rutinitas harian tanpa disadari telah menyita kehidupan. Penambahan kol dalam berbagai aktivitas dalam foto memberi pelintiran lucu pada subyek serius.

Han Bing memilih kol karena sayuran ini menjadi simbol kesejahteraan dan kenyamanan bagi masyarakat miskin Tiongkok. Han Bing juga ingin menggambarkan realitas kol sebagai perjuangan dari masyarakat miskin Tiongkok dan memperlihatkan perubahan nilai suatu benda dalam pandangan masyarakat.

Han Bing pun kemudian sering membuat pertunjukan seni di ruang publik seperti Midi Festival. Dalam festival ini banyak penggemar Han Bing yang ikut berpartisipasi di "Walking the Cabbage". Remaja di Midi Festival menyebut bahwa aksi berjalan dengan kol membantu mereka mengatasi masalah emosional.

"Saya merasa dapat memindahkan pikiran negatif tentang diri sendiri ke kol, berjalan-jalan dengan kol dan kemudian pulang ke rumah jadi merasa lebih baik," sebut Lui Ja Chen yang berusia 17 tahun seperti dilansir dari Austrian Times (02/05/2014).

Namun tidak jelas apakah remaja benar-benar melihat manfaat terapis dari berjalan dengan kol atau mereka hanya bercanda dengan pernyataan tersebut.

Sebab ada juga remaja lain, Da Xia Sung, menyebutkan dia lebih memiliki ketertarikan pada kol dibandingkan orang tuanya karena merasa kol lebih mengerti dia. Ada-ada saja!



(fit/odi)