Ulasan Khusus: Makanan Anak

Benarkah Konsumsi Es Krim Bikin Anak Batuk?

- detikFood Selasa, 15 Apr 2014 15:54 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat melihat warna-warni es krim anak biasanya merengek minta dibelikan. Tapi kekhawatiran terserang batuk dan flu membuat orang tua melarang anak makan es krim. Apakah benar es krim bisa menyebabkan batuk?

Es krim yang terbuat dari susu pada dasarnya baik untuk dikonsumsi karena menyediakan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun porsi pemberian es krim pada anak harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan.

Tentu ada sejumlah alasan lain yang bisa memicu penyakit batuk dan pilek tanpa makan es krim sekalipun. Sebab biasanya es krim atau minuman dingin hanya sebagai pemicu saja bukan penyebab utama penyakit.

Apabila anak mengalami batuk setelah makan es krim, hal ini terjadi karena kondisi tubuh memang sedang menurun. Ketahanan tubuh anak yang rentan terhadap penyakit memang perlu diperhatikan. Seperti anak berpenyakit amandel sebaiknya tidak minum es krim karena bisa memicu pembengkakan amandelnya.

Jika terjadi radang di tenggorokan anak lalu diberi minuman dingin, tentu radangnya akan semakin menjadi. Sebab suhu terlalu dingin akan membuat tenggorokan iritasi sehingga kuman mudah masuk dan berkembang.

"Saat memberikan es krim pastikan kondisi anak harus dalam keadaan sehat. Jika es krim dikonsumsi saat anak sedang batuk justru bisa memperparah batuk dan radang tenggorokan yang sedang diderita si kecil," tutur Geovani Maharasitha Syafitri, S.Gz, Ahli Gizi RS. Siloam Hospital Lippo Karawaci pada Detikfood (03/09/2013).

Jadi apabila imunitas tubuh anak sedang buruk, jangan beri mereka es krim atau minuman dingin lainnya. Hal ini juga didukung sebuah riset dalam Journal of Paediatrics and Child Health yang menyebutkan penyakit saluran pernapasan seperti radang tenggorokan muncul jika adanya penurunan daya tahan terhadap udara dingin.

Akan tetapi jika daya tahan tubuh bagus, tidak masalah bagi anak untuk mengonsumsi es krim. Sebab ketika masuk ke mulut, es krim segera mencair karena terpengaruh oleh suhu tubuh. Es krim yang melalui kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin saat es krim masih beku.

Selain imunitas, pemilihan es krim perlu diperhatikan agar tidak berpengaruh buruk bagi kondisi tubuh. Apabila es krim tidak higienis atau terdapat banyak bahan kimia, tentu dapat memicu penyakit pada anak. Guna mengontrol asupan es krim, pilihlah yang dikemas dan dilengkapi info nutrisi.

Tips untuk mencegah batuk pada anak, sebaiknya es krim dikonsumsi sesudah makan karena hal ini berhubungan dengan kondisi tubuh yang lebih baik. Lalu bila anak sudah makan es krim, berilah minum air putih agar iritasi di tenggorokan pasca makan es krim bisa berkurang.



(dni/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com