Mengidap Leukimia, Bocah Laki-laki Ini Membuat Acara Memasak

- detikFood Jumat, 28 Feb 2014 10:27 WIB
Foto: HuffingtonPost
Jakarta - Terdiagnosis kanker, tidak membuat bocah berumur 8 tahun ini patah semangat. Anak yang berasal dari Brazil ini mengalihkan penyakitnya dengan kesenangan memasak. Ia berhasil menyiarkan acara memasak online untuk masyarakat dunia.

Sebuah video yang diunggah lewat YouTube (27/02/2014) memperlihatkan seorang anak laki- laki bernama Arthur Gonzaga. Mengenakan seragam putih ala chef, Arthur yang berasal dari Minas Gerais mendiskripsikan proses pembuatan hidangan dan bahan yang dibutuhkan dengan suara ceria.

Arthur didiagnosa leukimia pada Agustus 2013. Ia menghabiskan setengah tahun keluar masuk rumah sakit untuk menjalani proses penyembuhan dan pengobatan. Pada masa itu, Arthur terpaksa harus menghabiskan malam natal di ICU A.C. Camargo Cancer Center, Sao Paulo.

Ayahnya, Renato Gonzaga dan Ibu tiri, Prisicila Inserra mencoba menghibur Arthur dengan menciptakan pengalihan yang lebih positif dan menyenangkan untuk sang anak. Hasilnya, Arthur membuat sebuah acara memasak dalam bahasa Portugis bernama 'Arthur Gourmand'.

Setelah merayakan tahun baru di rumahnya, Arthur mulai memasak di dapur seorang teman yang menjadi guru untuk para chef muda. Prisicila menyatakan kepada Huffington Post (28/02/2014) temannya itu saat ini menjadi art produser proyek Arthur ini.

Sampai saat ini, video yang diunggah oleh channel Arthur Gourmand ada tiga. Menu yang dimasak anatara lain Filet Mignon com purê de mandioquinha e aspargos (Filet mignon dengan asparagus dan yucca pure;), Peixe Dourado com purê de mandioquinha e aspargos (Golden fish fillets dalam lemon butter reduction disajikan bersama asparagus), dan Sobremesa de frutas com creme de maracujá (fruit salad a la cre;me de passion fruit).

Renato sering menjadi cameo dan sous chef dalam video Arthur. Ia membantu memberikan bahan-bahan dan membantu anaknya memindahkan alat memasak. Dengan pembawaan yang ceria, Arthur membantu penonton meracik saus marinasi, menyiapkan bahan, dan cara memasak.

Baru- baru ini Priscila melaporkan pada Huffington Post (28/02/2014) keadaan Arthur mulai membaik dan tubuhnya merespon pengobatan dengan baik. Dalam halaman Facebook mereka, dikatakan Arthur akan mengunggah beberapa video resep lainnya dalam waktu dekat ini.



(dni/odi)