Keracunan Makanan

Muntah dan Diare Gara-gara Makan Kepiting di Resto Seafood

- detikFood Rabu, 26 Feb 2014 11:07 WIB
Foto: Cut The Crab/Cynthia VP
Jakarta - Sakit akibat makanan sudah sering terjadi sejak dulu. Penyebabnya sangat beragam. Salah satu yang paling sering terjadi adalah keracunan makanan akibat konsumsi seafood. Hal inilah yang belum lama dialami sekelompok orang.

Awal pekan ini pembicaraan di sosial media diramaikan oleh berita keracunan makanan yang dialami oleh sejumlah pengunjung usai bersantap di Cut The Crab yang berlokasi di Jl. Cikajang, Kebayoran Baru. Beberapa korban mengalami diare dan muntah sehingga perlu menjalani perawatan di rumah sakit.

Agaknya peristiwa keracunan dialami mereka yang bersantap di hari Jum'at. 21 Februari 2014. Seperti yang dialami oleh Eddy Suryadi dalam penuturannya lewat emailnya kepada Detikfood. Ia datang bersama 6 orang temannya, total 7 orang dan memesan 3 ekor kepiting papua.

Namun, malam hari sekitar pukul 23.30 mulailah satu persatu dari mereka terserang diare akut disertai muntah-muntah. Dua orang temannya harus dilarikan ke sebuah rumah sakit untuk menjalani perawatan intensif. Sedangkan satu orang harus dirawat inap.

Demikian juga yang dialami oleh Prayogi yang datang bersantap bersama kekasihnya. Ia memesan 2 paket kepiting betina dengan bumbu Cajun dan garlic butter atas saran pramusaji. Sabtu dini hari pukul 03.00, ia mengalami sakit perut, diare disertai muntah-muntah.

Menurut Yogi dalam emailnya pada Detikfood, kekasihnya hanya mengalami diare tidak muntah-muntah.' Selama ini saya tidak pernah punya alergi makanan, terutama kepiting. Saya sudah mencicipi berbagai makanan kepiting selama ini, dan saat itu tidak pernah terjadi hal seperti ini,' demikian tulisnya.

Hal yang sama dialami oleh Reza Prsetya dalam akun twitternya @eza_p ia berbagi foto bersama teman-temannya di hari Jum'at sebelum menyantap kepiting. Satu kelompok 25 orang mengalami diare beberapa jam setelah makan. Bersantap bersama teman kantor satu departemen, ia menghabiskan total Rp. 6,3 juta.

Meskipun mereka sudah berusaha memberikan info melalui akun twitter restoran @cutthecrabjkt, tetapi tak ada tanggapan dari pihak restoran. Akun tersebut aktif hingga tanggal 24 Februari. Namun, pada tanggal 24 Februari malam berubah menjadi Zurich Insurance dan pada tanggal 25 Februari jam 12.00 siang berstatus 'suspended'.

Saat Detikfood menyambangi resto Cut The Crab di Cikajang, Selasa (25/02), pihak manager mengaku tidak tahu menahu soal peristiwa keracunan yang dialami oleh pengunjung. Bahkan ia justru menduga kejadian bisa disebabkan oleh kompetitor yang berbuat curang. Sampai berita ini diturunkan sang pemilik Teddy Yulianto tak bisa dihubungi untuk dimintai konfirmasi.

Resto Cut The Crab ini terkenal dengan tagline ‘Eat seafood with No Plates! No Fork! No Spoons!’. Merupakan salah satu destinasi bersantap yang populer bagi pencinta seafood. Karena membawa konsep baru penyajian seafood langsung di atas meja dan bersantap dengan tangan.



(odi/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya