Carolina Reaper Raih Gelar Cabai Terpedas di Tahun 2013

- detikFood Kamis, 02 Jan 2014 14:34 WIB
Foto: Fox News
Jakarta -

Apa jenis cabai yang paling pedas di dunia? Kebanyakan orang menyebutkan jalapeno. Namun untuk tahun 2013, sebuah gelar cabai terpedas di dunia berhasil diraih oleh South Carolina, Amerika Serikat.

Seperti yang dilansir di Fox News (30/12/2013), akhir tahun kemarin, Guinness Book of World Records baru saja memberikan gelar cabai terpedas untuk cabai bernama Carolina Reaper. Cabai ini berhasil dikembangkan oleh Ed Currie dari South Carolina. Cabai Carolina Reaper ini bahkan sudah diuji coba tingkat kepedasannya oleh Winthrop University dalam kelas uji coba makanan.

Ed Currie sudah 4 tahun mengembangkan Carolina Reaper ini di perkebunannya yang bernama PuckerButt Pepper Co. Sebelum diberi nama Carolina Reaper, cabai ini memiliki kode uji coba HP22B, singkatan dari 'Higher Power, Pot No. 22, Plant B'. Pemberian nama kode ini dikarenakan Ed Currie memiliki pot tanaman cabai lainnya yang dikembangkan untuk dicoba tingkat kepedasannya.

Carolina Reaper ini memiliki bentuk bulat dengan tekstur seperti cabai keriting dengan warna merah cerah. Di bagian bawah cabai, terdapat sebuah 'ekor' yang menyerupai bentuk buntut kalajengking, sehingga memberi kesan bahwa cabai ini sangat menyengat.

Pada saat uji coba tingkat kepedasan Carolina Reaper, peneliti menggunakan Scoville Heat Unit sebagai satuan ukur tingkat kepedasan. Dari hasil pengukuran, ternyata Carolina Reaper mendapatkan 1.569.300 Scoville Heat Unit! Angka ini lebih besar dbandingkan dengan jalapeno yang hanya sekitar 5.000 Scoville Heat Unit. Tingkat kepedasan Carolina Reaper disebut-sebut setara dengan pedasnya 2,2 juta cabai merah biasa.

Walaupun sudah mendapat rekor cabai terpedas dengan Carolina Reaper-nya, Ed Currie masih terus berinovasi dengan aneka cabai di perkebunananya. Bersama dengan 12 orang karyawan, Currie dan perkebunannya masih akan terus mengembangkan cabai terpedas dengan rasa lainnya.

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com