Robot Barista Ini Mampu Meracik Cappuccino Seenak Buatan Kafe

- detikFood Rabu, 23 Okt 2013 11:40 WIB
Foto: LA Times
Jakarta - Kini vending machine yang mengeluarkan kopi instan semakin disukai banyak orang. Kali ini, ada sebuat mesin otomatis yang dapat menyajikan kopi yang diracik oleh robot barista. Ia juga bisa mengingat pesanan sama seperti barista.

Seperti yang dilansir di Los Angeles Times (18/10/2013), kini ada sebuah robot barista yang bisa meracik kopi dan mengingat pesanan spesial layaknya seorang barista asli. Mesin robot yang bernama Briggo ini diletakkan di sebuah area di University of Texas, Austin, Amerika Serikat, dan langsung saja membuat banyak orang penasaran ingin mencobanya.

Briggo mungkin memang hanya sebuah robot barista, namun robot ini dilatih oleh seorang barista terkenal yang bernama Patrick Pierce. Dengan dilatih langsung oleh barista asli, Briggo dapat meracik kopi yang memiliki pesanan khusus seperti vanilla latte tanpa gula dengan sedikit tetesan susu.

Bentuknya seperti vending machine yang mengeluarkan kopi instan. Namun, di dalam mesin Briggo ini terdapat sebuah tangan robot yang dilengkapi dengan 250 jenis sensor. Ia dapat meracik berbagai jenis kopi. Tak hanya berteknologi tinggi, Briggo juga menggunakan kopi kualitas terbaik dari Amerika Latin.

Tak hanya itu saja, robot barista Briggo ini juga dapat disinkronisasikan dengan aplikasi smartphone yang bernama Briggo. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat memesan langsung kopi yang diinginkan dan aplikasi akan mensikronisasi langsung dengan robot Briggo.

Pemakai tinggal memasukkan berapa menit atau jam lagi akan mengambil kopi di mesin Briggo. Jadi ketika sampai di depan mesin robot Briggo, tidak perlu mengantri lagi dan Briggo sudah menunggu dengan racikan kopi hangat sesuai pesanan.

Mesin robot barista Briggo juga ini mendapat empat bintang di situs rekomendasi bernama Yelp. Selain itu, review Briggo di situs Yelp juga lebih banyak yang memberi komentar positif dibanding negatif.
Untuk saat ini, Briggo baru bisa ditemukan di University of Texas saja. Konon robot barista ini akan muncul di suatu tempat rahasia di Amerika Serikat.

(fit/odi)