Bartender Diberi Tip Tiket Lotre, Menang Ratusan Juta Rupiah

- detikFood Jumat, 11 Okt 2013 11:30 WIB
Foto: Chris Pietsch/The Register-Guard
Jakarta - Di Amerika Serikat, biasanya tip pada pelayan diberikan usai makan di restoran. Besarnya 10-25% dari total tagihan dan dibayar dengan uang tunai. Namun, bartender ini justru diberi tip berupa tiket lotre dengan nilai ratusan juta rupiah.

Aurora Kephart (25) adalah bartender di Conway's Restaurant and Lounge di Thurston, Amerika Serikat. Selama empat tahun ia bekerja, ia sering menerima tiket Keno (lotre) yang belum dimainkan sebagai tip dari para pelanggan bar.

Pada suatu malam, seorang pelanggan pria yang tak mau menyebutkan namanya membeli segenggam tiket lotre dan meminta Kephart memilih dua yang dia inginkan. Ketika wanita ini mengecek nomornya, tiket pertamanya memenangkan $5 (Rp 57.000).

Namun, tiket keduanya berhadiah $17.500 (Rp 201 juta)! "Raut wajahnya luar biasa. Saya otomatis mengembalikan tiket padanya. Itu tiketnya," kata Kephart, seperti dilansir dari situs The Register-Guard (05/10/13).

Namun, pria yang memberikan tiket tadi tak mau mengambilnya. Ia malah menyuruh Kephart menandatanganinya sehingga hanya dia yang bisa mengambil hadiah tersebut.

"Reaksi di bar gila. Semua orang gembira. Pasalnya, seberapa sering sih hal tersebut terjadi di Thurston?" tutur Kephart. Ia melanjutkan, bar ini 80% pengunjungnya adalah pelanggan tetap. Jadi semuanya saling mengenal.

Karena bar sedang ramai, Kephart langsung kembali bekerja. Namun, otaknya selalu terbayang-bayang jumlah uang yang besar tersebut. Keesokan harinya, ia mengambil hadiah di kantor Oregon Lottery.

Kephart mengatakan bahwa ia memberikan sebagian dari uang tersebut ke pria yang memberinya tiket lotre. "Saya tak bisa jika tak memberinya," katanya.

Sementara itu, sisa uangnya akan dibelikan sofa baru, sementara sebagian lagi ditabung. "Tak perlu menunggu sampai Natal atau lebih lama lagi. Kini saya bisa membeli barang yang sangat saya perlukan," ujar Kephart.

Sebelumnya Detikfood pernah menulis kisah tentang beberapa pelayan yang diberi tip besar. Karena keramahan dan kerja kerasnya, seorang wanita mendapat tip $446 (Rp 5,1 juta). Adapula pelanggan yang membagikan tip $500 (Rp 5,7 juta) kepada pelayan restoran secara acak demi menjalankan wasiat adiknya.

Tip tunai yang paling besar jumlahnya adalah $5.000 (Rp 57,5 juta), yang diberikan pelanggan kepada seorang pelayan untuk mengganti mobilnya yang rusak karena badai.

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com