Tak Suka Makan Apel, Kakek Ini Punya Ratusan Jenis Apel di Kebunnya

- detikFood Jumat, 27 Sep 2013 19:02 WIB
Foto: Medill Reports Chicago
Jakarta - Gene Yale (83), warga Skokie, Illinois, Amerika Serikat, terkenal akan kebun apel mini di belakang rumahnya. Varietas apelnya mencapai 178 jenis. Namun, ia baru-baru ini mengeluarkan pernyataan mengejutkan: ia tak suka makan apel!

Kepada ABC Chicago, Yale mengatakan bahwa ia hampir tak makan apel sama sekali dalam setahun. "Saya benci mengatakannya. Saya bukan penggemar buah. Saya suka menanamnya, tapi tidak memakannya," ujarnya, seperti dilansir Huffington Post (25/09/13).

Yale telah menanam apel di kebunnya yang seluas 223 meter persegi selama lebih dari 40 tahun. "Saya memulai dengan beberapa pohon kecil. Saya membaca tentang apel jenis lain yang tersedia dan... saya terus menanam apel," kenang Yale.

Jenis apel yang pertama ia tanam adalah Red Delicious dan Golden Delicious. Setelah beberapa tahun, ia mulai menanam jenis Jonathans dan MacIntosh. Setiap tahun, ia menambah varietas apelnya.

Meski kurang suka makan apel, Yale mencari apel yang berdaya tahan tinggi dan enak rasanya. Makanya, ia juga menanam varietas apel baru yang dikembangkan peneliti universitas di seluruh dunia. Ia menggunakan akar tanam khusus agar pohonnya hanya setinggi satu meter namun buahnya berukuran penuh.

Jenis-jenis apel yang ditanam Yale tergolong kuno dan langka. Namanya unik, seperti Fortune New York 429, Yoko, dan Fireside. Adapula apel Knobbed Russet yang buruk rupa namun enak. "Tampilannya mirip batu, namun renyah dan manis," ujar Yale.

Karena tidak dimakan sendiri, Yale dengan dermawan memberikannya secara cuma-cuma. Di antaranya adalah lewat festival panen tahunan di Chicago Botanic Garden yang diselenggarakan oleh kelompok penggemar kebun buah Midwest Fruit Explorers.

(fit/odi)