Avozilla, Alpukat Seberat 1.3 Kilogram dari Afrika Selatan

- detikFood Rabu, 04 Sep 2013 16:03 WIB
Foto: Daily Mail Foto: Daily Mail
Jakarta - Buah berkulit licin dan berwarna hijau ini bertekstur lembut dan agak basah. Sering dikonsumsi karena mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Kalau alpukat biasa beratnya per buah sekitar 300-400 gram, alpukat ini beratnya 1.3 kilogram!

Selain dibuat jus dan campuran salad, alpukat juga umum dijadikan topping nachos dan bahan utama guacemole. Biasanya hanya menggunakan satu buah alpukat untuk satu hidangan. Tapi jika menggunakan alpukat raksasa ini Anda bisa mengolah berbagai macam menu menggunakan satu buah alpukat.

Ukuran alpukat yang satu ini sangat tidak biasa. Pasalnya alpukat raksasa ini beratnya lima kali lipat lebih berat dari alpukat umumnya atau sekitar 1,3 kilogram. Buah yang menyandang predikat alpukat terbesar ini dinamai Avozilla dengan kulit dan daging buah yang ekstra tebal.

Avozilla hanya tumbuh di pohon milik salah satu pemasok alpukat terbesar di dunia yang berasal dari Afrika Selatan. Buah ini dua kali lipat lebih panjang dan lima kali lebih berat dari alpukat umumnya.

Seperti diberitakan Daily Mail (30/08/2013), Avozilla mulai dijual secara online di www.Tesco.com. Harganyapun terbilang murah hanya dijual sekitar Rp 51.000 per buahnya. Karena ukurannya besar, satu buah Avozilla bisa dinikmati bersama keluarga.

Salah satu pembeli Avozilla bernama Emma Bonny mengatakan jika buah ini memiliki rasa yang fantastis, juicy dan creamy dengan tekstur yang lembut seperti mentega. Apalagi pertumbuhannya yang mencapai 30 persen sepanjang tahun membuat banyak orang bisa menikmati buah lezat ini.

“Buah yang matang biasanya berwarna hijau dan berkilau. Namun ada juga yang berwarna lebih gelap. Kulitnya juga tebal bahkan bisa digunakan sebagai mangkuk wadah guacamole. Alpukat ini kaya nutrisi dan vitamin dan kami percaya jika Avozilla akan menarik perhatian banyak pembeli.” kata Bonny seperti dikutip Daily Mail.



(dyh/odi)