Ulasan Khusus: Mie

Belajar Membuat Mie Sekaligus Mengelola Usaha

- detikFood Selasa, 25 Jun 2013 18:47 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Untuk membuka sebuah usaha berjualan mie, selain pengetahuan dasar tentang pembuatannya diperlukan keahlian untuk mengelola usahanya. Digawangi oleh salah satu produsen bahan makan di Indonesia, binaan dan paguyuban tersedia untuk membimbing para pengusaha UKM memulai bisnis mereka.

Bogasari yang berada dibawah naungan PT Indofood Sukses Makmur selain dikenal sebagai produsen tepung terigu juga menciptakan wadah untuk para UKM berkembang. Dimulai dari membangun paguyuban yang mejadi wadah berkumpul para UKM hingga membuat kartu keanggotaan khusus untuk mendapatkan bimbingan dan berbagai manfaat lainnnya.

Paguyuban dikategorikan berdasarkan jenis usaha seperti roti, mie, dan lumpia. Untuk mie sendiri saat ini terdapat dua paguyuban yaitu Tunggal Rasa dan Garamiro (Gabungan Pengusaha Mie dan Roti). Dalam paguyuban ini para pelaku UKM bisa berkumpul dan melakukan arisan selama sebulan sekali.

Kemitraan ini meliputi pembinaan usaha, kegiatan produksi mie, dan bantuan kredit dengan bunga ringan. Sejak tahun 1997 hingga tahun 2000 PT. Bogasari Flour Mills berkeliling Indonesia untuk membentuk paguyuban Tunggal Rasa di beberapa daerah di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik menjadi mitra Bogasari, saat ini terdapat layanan BMC (Bogasari Mitra Card). Untuk bergabung dan mendapatkan kartu ID, Anda tinggal membeli produk tepung Bogasari minimal berat 25 kg.

Anda akan mendapatkan fasilitas seperti asuransi kebakaran, rawat inap, rekomendasi kredit mikro dari perbankan, dan diskon 10 persen biaya pelatihan Bogasari Baking Center. Serta gratis berlangganan majalan bulanan Wacana Mitra yang berisi informasi peluang usaha, sharing pengalaman UKM dan tips lainnya.

Anda bisa mengontak alamat ini: Bogasari Call Center: (021) 43920250 Kompleks PT. ISM Bogasari Flour Mills. Jl. Raya Cilincing No.1 Tanjung Priok, Jakarta Utara Waktu Layanan: Senin - Sabtu Pukul 08.00 - 17.00




(dyh/odi)