Wow, Bangunan Ini Terbuat dari Gula!

- detikFood Jumat, 14 Jun 2013 15:38 WIB
Foto: Wiliam Lamson Foto: Wiliam Lamson
Jakarta - Gula rupanya tak hanya berfungsi membuat makanan menjadi manis. Gula ternyata juga bisa menjadi alternatif kaca untuk bangunan! Contohnya adalah solarium karya seniman William Lamson ini.

Solarium adalah ruangan yang didominasi kaca sehingga cahaya matahari bisa masuk dengan leluasa. Namun, ada solarium unik yang dipamerkan pada Storm King Art Center's Light and Landscape 2012.

Sebanyak 162 panel di solarium ini terbuat dari gula yang dimasak dengan suhu berbeda, lalu dipasang di jendela. Ruangan ini berfungsi sebagai rumah kaca untuk menanam tiga spesies pohon citrus mini, sekaligus sebagai tempat meditasi.

Saat musim panas atau musim semi, panel berukuran 1,52 x 2,43 meter di setiap sisi bangunan dibuka. Tujuannya agar pengunjung bisa masuk dan keluar bangunan dari berbagai arah. Bagaimanapun juga, karya seni berukuran 3,3 x 2,7 x 3,1 meter ini tak dipamerkan lagi.

Lamson menjelaskan inspirasi karyanya melalui websitenya. "Desainnya merujuk pada arsitektur daun, di mana stomatanya membuka dan menutup untuk mengatur suhu tanaman. Dibangun di lahan terbuka, rumah ini berfungsi sebagai konservatorium tanaman, kapel, dan zen garden sekaligus."



(fit/odi)