Cornichon, Acar Mentimun Mungil dari Prancis

- detikFood Jumat, 07 Jun 2013 16:31 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Acar mentimun tak hanya terkenal di Asia. Prancis juga punya acar timun. Rasanya asam-asam segar dengan tekstur empuk. Karena ukuran kecil, mentimun ini tak perlu dipotong-potong lagi.

Acar ini dikenal dengan nama gherkin atau cornichon. Cornichon sering digunakan sebagai bumbu masakan, pelengkap hidangan atau garnish. Di negara asalnya, cornichon sering disajikan bersama capers untuk melengkapi hidangan babi panggang.

Meskipun rasanya asam dan agak manis, acar Prancis atau French pickles ini banyak digemari masyarakat sekitar. Bahkan mereka mengakui jika rasanya benar-benar nikmat dan menyegarkan.

Cornichon terbuat dari mentimun mini. Panjang per buahnya hanya sekitar 2,45 cm dan dipanen sebelum benar-benar matang agar teksturnya terasa lebih renyah. Tiap gigitan cornichon yang asam ini akan menyeimbangkan rasa keju dan tekstur daging yang empuk.

Tidak hanya itu, cornichon juga sering disajikan bersama ham dan keju Gruyere. Cornichon juga menjadi salah satu komponen pelengkap steak tartare dan saus tartare untuk pelengkap hidangan laut yang digoreng.

Jika tak sempat membuatnya sendiri di rumah, cornichon juga dijual di pasaran dengan berbagai merk terkenal. Kualitasnya dijamin bagus dan rasanya enak. Di supermarket, dijual berdekatan dengan rak minyak olive dan biasanya dikemas dalam botol kaca.

(dyh/odi)