Kriuk Gurih, Salamander Goreng Utuh Disajikan di Resto Ini

- detikFood Kamis, 16 Mei 2013 08:08 WIB
Foto: Rocket News 24
Jakarta - Salamander merupakan hewan amfibi yang tampilannya seperti kadal. Warnanya yang cantik membuat salamander sering dipelihara dalam akuarium. Namun, di restoran Jepang ini, salamander justru digoreng utuh.

Salamander ada banyak jenisnya. Di restoran Takara Yuki Sakebou, Osaka, Jepang, yang disajikan adalah axolotl. Tubuh salamander Meksiko ini berwarna pink pucat dengan wajah imut. Insang sekaligus siripnya mengembang di belakang kepala.

Saat memesan, Usagi dari situs Rocket News 24 ditawari untuk melihat axolotl sebelum digoreng. Siapa yang tega melihat hewan selucu itu akan dijadikan santapan? Anehnya, meski menyajikan axolotl goreng, restoran ini juga memelihara axolotl dalam akuarium di tengah restoran.

Ternyata, hidangan yang datang tampak mengerikan. Daging axolotlnya tidak dipotong-potong, melainkan disajikan utuh! Bahkan matanya masih terlihat dibalik lapisan tepung tipis. Sepiring acar timun menjadi pelengkapnya.

Pelayan menyarankan Usagi menggigit mulai dari kepalanya. Tak berani, ia menyantap ekornya lebih dulu. Seperti apa rasanya? "Gigitan pertama mengungkap rasa yang mirip daging ikan putih. Ditaburi garam atau tidak, rasanya sama-sama enak," komentarnya.

Ada tekstur renyah khas yang memperkaya rasa. Usagi menduga inilah tulang belakang axolotl, karena hanya organnya yang dibuang sebelum digoreng sedangkan tulangnya tidak. Menurutnya, hidangan ini mungkin tak cocok disantap bersama nasi, namun pas jika dipadukan dengan bir.

Axolotl goreng dapat dicicipi dengan membayar 1.300 yen (Rp 125.000). Konon menu ini menjadi favorit anak-anak di sana! Selain axolotl, di restoran ini juga ada olahan burung unta, singa laut, kura-kura cangkang lunak, alligator, dan kangguru.

Usagi mencoba daging kangguru panggang yang dimasak bersama bawang Bombay dan daun bawang. Katanya, tingkat kematangan daging kangguru tersebut sangat rare sampai sari dagingnya yang berwarna merah masih menetes-netes. Berani mencoba?

(flo/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com