Minum Jus untuk Detoks? Perhatikan Hal Penting Ini

Fitria Rahmadianti - detikFood Senin, 25 Feb 2013 18:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Jus buah dan sayuran merupakan alternatif makanan sehat. Membuatnya mudah dan mudah didapat di gerai-gerai jus buah segar. Jus ini juga sangat direkomendasikan untuk proses detoks. Ingin membuat jus sendiri untuk detoks? Perhatikan hal-hal penting ini.

Orang-orang yang peduli dengan pola makan sehat tentu tak asing dengan jus. Inilah alternatif konsumsi sayur dan buah yang mudah dicerna dan disebut-sebut dapat membersihkan tubuh. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum meminum jus untuk detoks.

Buah dan sayur organik
Sebaiknya Anda menggunakan buah atau sayur organik untuk diblender. Anda tak mau kan jika pestisida turut masuk dan terkonsentrasi, sehingga menyulitkan organ hati untuk membersihkan tubuh? Jika tak membuatnya sendiri, Anda bisa membeli jus yang berlabel atau berbahan organik.

Jus bukan obat
Andapun perlu menyadari bahwa jus tidak dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kronis. Berdasarkan artikel yang dilansir Huffington Post (21/02/13), beberapa sumber mengatakan bahwa jus tertentu dapat menyembuhkan kanker, namun belum ada bukti ilmiahnya.

Waspada jika diabetes
Jika memiliki riwayat diabetes, Anda perlu menghindari jus. Pasalnya, semua karbohidrat dalam buah dipadatkan dalam bentuk jus, sehingga berisiko menaikkan kadar gula darah.

Makanlah buah dan sayur
Lantas, bagaimana cara membersihkan tubuh selain dengan meminum jus? Sebenarnya, buah dan sayur segar dapat memberikan efek sama atau lebih baik daripada jus dalam membersihkan tubuh.

Gantilah junk food dan makanan yang banyak diproses menjadi sayur, buah, dan banyak air putih. Jus dan smoothies juga bisa ditambahkan sebagai pengganti snack atau untuk tambahan kalori.

(fit/odi)
Load Komentar ...