Krenyes Gurih Nurungji, Kerak Nasi Khas Korea

- detikFood Minggu, 20 Jan 2013 10:54 WIB
Foto: Cook 4 Your Man
Jakarta - Intip atau sisa nasi yang berkerak di bawah panci tak cuma berakhir di tempat sampah. Warga Korea punya cara untuk tetap memanfaatkan kerak nasi ini secara maksimal, bahkan jadi camilan yang enak dinikmati!

Masyarakat tradisional Korea biasa memanfaatkan kerak nasi dan membuatnya jadi nurungji. Nurungji merupakan kerupuk yang dibuat dari sisa nasi yang sudah mengering. Teksturnya renyah dan gurih, dan banyak disukai tua maupun muda sebagai camilan!

Untuk membuatnya mudah saja. Masukkan minyak ke atas wajan, kemudian letakkan nasi sisa dan dipipihkan di dasarnya. Tampilannya jadi mirip dengan rengginang khas Indonesia, karena tampak butir nasi yang bertektur garing. Untuk menghasilkan tekstur yang renyah, tiap sisi didiamkan terlebih dulu sekitar 10 menit hingga berubah warna.

Nurungji tak cuma bisa dibuat polos saja. Bisa juga ditambahkan topping ataupun perasa tambahan seperti keju parmesan, bubuk cabai, biji wijen, hingga taburan gula di atasnya. Bahkan ada juga yang memberikan saus tomat, daging dan irisan sayuran sehingga mirip dengan topping pizza.

Karena bisa dimanfaatkan menjadi makanan baru yang enak, orang Korea jadi senang menyimpan sisa nasi ini. Setelah terkumpul banyak, barulah diolah menjadi nurungji. Popularitas nurungji akhirnya juga membuat banyak produsen nurungji siap santap bermunculan.

(flo/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com