Slurpp... Hangat Sedap Sup Ozoni, Lambang Keberuntungan!

- detikFood Minggu, 13 Jan 2013 14:35 WIB
Foto: Japanese Cooking 101 Foto: Japanese Cooking 101
Jakarta - Tiap makanan tradisional umumnya dibuat dengan makna tersendiri. Seperti sup bening yang satu ini, yang menjadi lambang keberkahan, kesehatan, kebahagiaan, juga kesuksesan. Semangkuknya terdiri dari kuah bening wangi dengan isian mochi di dalamnya. Slurppp... Sedap!

Ozoni dibuat dari komposisi kaldu dashi yang ditambahkan sake. Isiannya terdiri dari daging ayam, sayuran hijau, juga kamaboko atau bakso ikan khas Jepang. Yang khas, terdapat mochi atau adonan dari tepung ketan di dalam kuah ozoni yang gurih.

Mochi inilah yang membuatnya jadi unik. Teksturnya kenyal dan mulur panjang saat digigit. Pembuatan mochi dalam ozoni juga berbeda di beberapa wilayah. Di Kanto, misalnya, mochinya dipotong persegi dan dibakar terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah. Sementara itu di Kansai, mochinya direbus terlebih dulu.

Menu berkuah ini jadi santapan wajib saat pergantian tahun. Warga Jepang meyakini, ozoni melambangkan kemakmuran di tahun yang akan datang. Selain itu, makan ozoni saat tahun baru dipercaya bisa membuat hasil panen lebih baik dibanding tahun sebelumnya, juga keluarga yang lebih tentram dan harmonis.

Ozoni juga sering disajikan dengan isian yang lebih beragam. Di antaranya udang, jamur, sawi, wortel, dan lainnya. Menu ini paling pas dinikmati dalam keadaan masih mengepul. Selain saat tahun baru, tentu kuah gurihnya juga nikmat disesap saat udara dingin.




(fit/odi)