Agar Spons Cuci Piring Tak Jadi Sarang Bakteri, Bersihkan dengan Cara Ini

- detikFood Senin, 07 Jan 2013 15:10 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Spons cuci piring menjadi salah satu benda yang paling banyak mengandung bakteri. Biasanya, benda ini juga diletakkan dekat bak cuci piring yang juga jadi sarang kuman. Agar spons tetap higienis, ada beberapa trik mencuci yang bisa dilakukan.

Mencuci piring dengan bantuan spons bertujuan untuk membersihkan piring dari segala noda dan kotoran. Namun bagaimana jika spons cuci piringnya justru jadi sarang bakteri? Nah, situs How To Clean Stuff memaparkan langkah-langkah mencuci spons agar bersih kembali.

Caranya, rendamlah spons di dalam larutan sabun. Campurkan air panas dengan beberapa tetes sabun pencuci piring yang anti bakteri. Kemudian rendam spons di dalam air panas ini, hingga seluruh permukaannya tertutup air. Setelah didiamkan beberapa menit, keluarkan spons dan cuci dengan air bersih.

Alternatif lainnya, campurkan 3/4 cup pemutih baju dengan 3,5 liter air. Kemudian rendam spons selama 5 menit. Cuci spons, dan langsung keringkan. Berdasarkan percobaan Good Housekeeping, merendam spons di dalam cuka juga bisa mengurangu sekitar 99,6 % bakteri.

Sebaiknya, segera bersihkan spons cuci piring sesaat setelah digunakan untuk mencuci wadah bekas daging mentah. Lebih baik gunakan spons tak lebih dari 2 minggu, setelah itu ganti spons dengan yang baru. Sebagai gambaran, sebuah spons yang kotor bisa dicemari kurang lebih 134.630 bakteri di dalamnya. Jenisnya antara lain e-coli dan juga salmonella.

(flo/odi)