Potret Wajah Jay Chou Dilukis dengan Pantat Cangkir Kopi

ADVERTISEMENT

Potret Wajah Jay Chou Dilukis dengan Pantat Cangkir Kopi

- detikFood
Senin, 07 Jan 2013 11:59 WIB
Foto: Oh I See Red!
Jakarta - Hong Yi menyeruput kopi hitam, lalu mengembalikan cangkirnya ke cawan. Ia mengangkat lagi cangkir tersebut dan menaruhnya di atas kertas putih. Noda cincin pantat cangkir kopi mengotori kertas, namun Yi terus melakukannya hingga kertas tersebut nyaris penuh lingkaran cokelat pekat.

Hong Yi alias Red, seniman wanita asal Malaysia, sibuk mondar-mandir mengelilingi sehelai kertas besar. Tangannya ratusan kali mencetakkan pantat cangkir ke atas kertas, seperti sedang membubuhkan stempel. Ia menebalkan cetakan di beberapa bagian dengan menumpuk lingkaran, sehingga tampak gradasi warna di beberapa tempat.

Setelah 12 jam, tepat di Hari Valentine 2012, wajah penyanyi asal Taiwan Jay Chou tampak jelas di kertas penuh noda kopi tersebut.

Inspirasi Red datang dari lagu Chou yang berjudul 'Secret'. Liriknya dibuka dengan penggambaran kopi dingin yang diangkat dari cawannya. Diceritakan bahwa seorang wanita membuat sketsa potret Chou. Kemudian, lagu ini diakhiri dengan deskripsi daun-daun di musim gugur dan kepingan-kepingan yang terpisah.

Dengan lingkaran-lingkaran kopi ini, Red menggambarkan potret kuno berwarna sepia yang dilukis wanita dalam lagu tersebut. Daun-daun di musim gugur yang rapuh dan tak sempurna disimbolkan dengan lingkaran kopi yang tak selalu seragam.

"Kopi merupakan media yang cukup sulit digunakan. Kalau airnya terlalu sedikit, lingkaran kopi tak mudah terbentuk. Kalau terlalu banyak, lingkaran akan saling bercampur dan membentuk kolam kopi yang tak beraturan," tutur Red tentang pembuatan karyanya, seperti tertulis dalam blognya (15/02/12).

Red menambahkan bahwa ia harus menunggu bagian berwarna cerah kering dulu sebelum mencetakkan lingkaran yang lebih gelap. Kalau tidak, cincin-cincin kopi ini tak akan terlihat.

Sebelum Red, sudah ada seniman yang menggunakan kopi sebagai tinta lukis. Ialah Josephine Ryan, desainer perhiasan asal Norwegia yang melukis wajah wanita cantik. Bahkan, teh dan juspun bisa menggantikan cat air.

(fit/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT