Mesin Canggih Ini Menyortir Warna Permen M&M's dengan Tepat!

- detikFood Rabu, 07 Nov 2012 14:42 WIB
Foto: Youtube
Jakarta - Umumnya, warna permen mungil seperti M&M's hanya dianggap sekadar penghias. Toh, isinya sama saja, yaitu cokelat. Namun, adapula orang yang memilih-milih warna sebelum memakannya.Apakah Anda juga begitu? Berarti mesin ini cocok untuk Anda.

Biasanya, butir-butir cokelat M&M's dituang ke tangan dan langsung saja dimasukkan ke mulut. Namun, bagi segelintir orang, warna sangat penting. Mereka memisahkan tiap butir berdasarkan warnanya, lalu memutuskan mana dulu yang akan disantap.

Mesin penyortir ini tentu akan sangat membantu mereka yang suka memilih warna makanan. Warnanya putih dan berbentuk silindris. Di atasnya terdapat corong tempat memasukkan M&M's serta lima mangkuk di bagian bawah untuk menampung butiran permen.

Penggunaannya mudah. Masukkan permen warna-warni ke corong, nyalakan mesin, lalu tekan tombol di sampingnya. Permen di corong akan berputar perlahan dan satu per satu butir permen turun ke mangkuk, sesuai warnanya.

Saat tutup mesin dibuka, terlihat proses penyortiran permen. Dari corong, permen satu per satu ditempatkan di cekungan sebuah roda. Setiap butir akan melewati proses pemindaian dengan lampu khusus untuk mengenali warnanya. Kemudian, selang akan berpindah dari lubang satu ke lubang lainnya, tergantung warna yang sudah diidentifikasi. Butir permenpun meluncur lewat selang tersebut menuju mangkuk berisi permen yang berwarna sama.

Video cara kerja mesin tersebut diunggah oleh Brian Egenriether ke Youtube. Namun, alat ini bukanlah satu-satunya. Di Youtube, akun TVPWebDev menunjukkan mesin besar berwarna kuning yang lebih canggih.

Di dekat mesin terdapat tiga stoples kecil tanpa penutup. Masing-masing berisi permen berwarna kuning, jingga, dan merah. Adapula wadah besi ceper untuk tempat mencampur permen.

Robot ini mengambil satu botol, lalu menumpahkan isinya ke wadah besi. Ia melakukannya sampai semua isi botol kosong dan isinya tercampur di wadah besi. Kemudian, dengan cepat, robot tersebut memunguti butir permen kuning satu per satu dan memasukkannya ke stoples hingga habis. Hal yang sama dilakukan kepada permen oranye dan merah. Dalam 15 detik saja, ketiga stoples sudah kembali seperti keadaan semula!

Nampaknya kedua alat ini juga dapat memisahkan warna permen Chacha, Marbles, dan Skittle. Menarik ya?

(fit/odi)