Sushi Cake, Cake Pesta dari Sushi yang Meriah

- detikFood Senin, 29 Okt 2012 16:23 WIB
Foto: Chopsticks NY
Jakarta - Perayaan ulang tahun dan pernikahan sering dirayakan dengan cake. Blackforest, Red Velvet, atau Rainbow Cake sering jadi pilihan. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang sushi cake? Cake dari sushi ini mulai digemari sebagai bagian dari perayaan ultah.

Sushi cake yang dimaksud bukanlah cake manis biasa dengan hiasan berbentuk sushi yang terbuat dari fondant. Sushi cake yang ini terbuat dari nasi, ikan, dan sayuran, seperti sushi biasa. Bentuknya bundar atau persegi empat dan berukuran besar, sehingga dapat dipotong-potong dan dibagikan.

Menurut blog Fuck Yeah Real Sushi, sushi cake ini biasa disebut decozushi atau decochirashi. Membuat sushi menjadi mirip cake berhias merupakan hal yang umum dilakukan orang Jepang saat Natal. Restoran Mikawa di Amerika Serikat menjual sushi cake berdiameter 21 cm dengan harga $55 (sekitar Rp 530.000).

Tertarik membuat? Bahannya tak sulit dicari, pun tak memerlukan keterampilan khusus untuk membuatnya. Misako Sassa, instruktur masakan Jepang dari situs Chopsticks NY, membagikan tipsnya. Ia menggunakan teknik sushi tekan atau oshizushi.

Siapkan nasi sushi atau nasi Jepang yang sudah dicampur dengan rice vinegar. Jangan lupa potong-potong bahan seperti ikan dan sayuran sesuai bentuk yang diinginkan. Selain itu, sediakan pula loyang cake berbentuk bundar dan plastic wrap.

Alasi loyang dengan plastic wrap. Karena nanti loyang akan dibalik, susun bagian bawah dengan rapi dan kreatif. Agar menarik, masukkan bahan-bahan yang berwarna-warni terlebih dahulu, kemudian tumpuk dengan lapisan nasi. Atur susunannya sesuai selera.

Setelah selesai, letakkan plastic wrap di atasnya dan tekan tumpukan sushi kuat-kuat dengan tangan. Bisa juga letakkan beban di atasnya dan biarkan selama 10 menit. Angkat plastic wrap, letakkan piring besar di atas loyang, lalu balik. Lepaskan sushi cake dari loyangnya dan hias dengan sisa bahan.

Selain ikan, sushi cake bisa menggunakan udang atau hewan laut lain yang biasa dipakai untuk sushi. Telur ikan salmon (ikura), telur ikan terbang (tobiko), salmon asap, dan irisan acar jahe (beni shoga) yang berwarna cerah cocok untuk menghias sushi cake. Bagi vegetarian, hewan laut dapat diganti dengan kacang kapri, jamur shiitake, dan tofu goreng.

Sushi cake bukanlah satu-satunya cake unik yang memiliki rasa gurih. Adapula sandwich cake atau smörgåstårta dari Swedia. Jika bosan dengan cake manis, coba sajikan sushi cake atau sandwich cake di pesta Anda. Dijamin akan menarik perhatian dan bikin perut kenyang!

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com