Selama 50 Tahun Wanita Ini Hanya Makan Roti, Kentang, dan Susu

- detikFood Minggu, 28 Okt 2012 11:54 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pilih-pilih makanan kerap dialami banyak orang. Bisa disebabkan rasanya yang tidak enak atau teksturnya yang tidak cocok di lidah. Hal ini juga dialami oleh seorang wanita asal New York City. Sejak balita ia tidak menyukai daging, sayur, dan buah.

Marla Lopez (54) dikenal juga sebagai wanita si pemilih makanan. Seperti yang dilaporkan ABC News tentang kebiasaan makan Lopez, ia tidak pernah makan sayuran hijau atau buah. Bahkan rela hanya makan keripik kentang, kerupuk, pancake, susu, dan es krim.

"Saya mencintai apa yang saya makan dan begitu menikmatinya," ujar Lopez, kepada ABC News. Ia pilih-pilih makanan sejak dirinya masih bayi. Jika tidak cocok Lopezpun akan muntah.

Pola makan yang dimiliki Lopez ini ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Meskipun ia hanya makan roti, kentang, dan susu, tingkat kolesterol yang dimilikinya hanya 174 mg. Menurut American Heart Association, angka ini dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Orang yang kerap pilih-pilih makanan, seperti kasus yang dialami Lopes ini sering juga dianggap sebagai gangguan makan selektif. Dalam kondisi ini si pemilih makanan akan mengonsumsi jenis makanan yang disukainya saja.

Menurut Mayo Clinic masalah psikososial kerap dialami bagi mereka yang gemar pilih-pilih makanan. Selain itu kekurangan gizi juga mungkin terjadi karena jenis makanan yang dikonsumsi tidak beragam.

Menurut data tahun 2010 seorang pria bernama Bob Krause juga memiliki kebiasaan makan seperti Lopez. Setiap harinya Krause hanya menikmati grilled-cheese sandwich, wafel, dan kentang goreng.

(fit/odi)