Restoran Keluarga Lady Gaga Dapat Kritikan Pedas

- detikFood Minggu, 30 Sep 2012 10:09 WIB
Foto: Splash News Foto: Splash News
Jakarta - Sejak dibuka Februari 2012 lalu, restoran Joanne Trattoria sering mendapat kritikan pedas. Banyak yang mengatakan hidangannya mahal dan tidak enak. Bahkan, New York Daily News menyebutnya 'hal terburuk setelah herpes'.

Joanne Trattoria merupakan restoran milik Joseph dan Cynthia Germanotta, orangtua Lady Gaga. Charles Arthur Smith yang pernah menjadi chef pribadi Oprah Winfrey selama bertahun-tahun, bertugas sebagai executive chef di restoran tersebut. Ia menyajikan hidangan Italia bergaya rumahan. Selebriti Katie Holmes dan anaknya sering mampir ke sini.

Meski dikelola keluarganya, Gaga tidak memiliki andil dalam bisnis ini. Ia sendiri pernah berkomentar tentang Joanne Trattoria kepada penyiar radio Elvis Duran. "Saya sedang diet karena berat badan saya naik sekitar 11 kg... Hidangan di restoran ayah saya sangat enak, tapi berat badan saya naik 2 kg setiap saya makan di sana," kata penyanyi ini, seperti dikutip dari Daily Mail (29/9/12).

Sayangnya, Joanne Trattoria terus mendapat kritik pedas. Komentar terbaru ditulis oleh kritikus Michael Kaminer di New York Daily News, Rabu (26/9/12). "Saya datang dengan pikiran terbuka, meski kebanyakan rekan saya menggambarkan Joanne sebagai hal terburuk setelah herpes," tulisnya.

Ia mencicipi roti focaccia yang tersaji di atas meja. "Empat potong 'Chef Art's Wood Oven Baked Focaccia' yang pucat dan terasa hambar memiliki tekstur seperti spons cuci piring," Kaminer menggambarkan.

Ia juga banyak menyoroti harga menu yang setara restoran mewah meski pengalaman makannya tak seperti fine dining. Menurutnya, Fried Calamari seharga $18 (sekitar Rp 172.000) terlihat berantakan, berminyak, dan lebih banyak tepung dibanding cumi-cuminya. Sementara itu, saus marinaranya terasa seperti bumbu instan.

Di penghujung artikel, ia merangkum bahwa tempat makan ini jauh dari kata enak. Kaminer juga menyebutkan kabar bahwa Chef Smith telah meninggalkan Joanne Trattoria tanpa kabar karena mengejar proyek lain.

Kaminer bukanlah satu-satunya orang yang menulis ulasan buruk mengenai Joanne Trattoria. Steve Cuozzo dari New York Post mengatakan bahwa "2,5 jam bersantap di sini terasa seperti berhari-hari". Sementara itu, Leo Carey dari The New Yorker menulis bahwa Grilled Calamari Saladnya terasa hambar dan tak beraroma panggang.

Menurut Daily Mail, review positif di website Zagat dan Yelp! lebih fokus terhadap atmosfir restoran yang nyaman. Salah satu pengguna Zagat menulis: "Pemiliknya, Cynthia, sangat menyenangkan. Makanannya mengagumkan. Pelayanannya cepat. Suasananya nyaman.".

Salah seorang pelanggan mengkritik balik ulasan di New York Daily News. "Penggambaran di media tersebut tidak akurat. Tampaknya mereka hanya menjual cerita sensasional," katanya. Ia menambahkan, New York Daily News tidak menyebutkan atmosfir hangat yang diciptakan staf restoran untuk seluruh pelanggan.



(dyh/odi)