Manis Segar Mocktail Yang Tak Beralkohol

- detikFood Selasa, 18 Sep 2012 14:45 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Mendengar mocktail, mungkin pikiran kita akan tertuju ke cocktail yang beralkohol. Padahal mocktail adalah minuman segar yang tidak mengandung alkohol. Karena itulah mocktail bisa dijadikan minuman ringan. Slurp!

Mocktail adalah campuran dari macam-macam bahan minuman tanpa alkohol. Berasal dari kependekan kata 'mock' dan 'cocktail', mocktail bisa disebut versi tidak beralkohol dari cocktail. Di bar dan restoran, menu cocktail biasanya juga disertai dengan pilihan mocktail.

Bahan penyusun mocktail bisa bermacam-macam, mulai dari sari buah, sirup, es krim, susu, yogurt, ekstrak vanila, madu, hingga sayur. Pembuatan mocktail bisa dikreasikan sebebas mungkin, namun ada pula yang menuruti pakem resep cocktail klasik. Biasanya minuman ini diberi embel-embel nama 'virgin'.

Cocktail Bloody Mary, contohnya. Minuman ini terbuat dari jus tomat, saus Worcestershire, tabasco, sari lemon, dan vodka. Jika vodka tidak dimasukkan, namanya menjadi Virgin Mary.

Mocktail bisa dijadikan suguhan pesta dan bisa diminum oleh semua umur. Apalagi warnanya cerah dan bisa dikreasikan sesuai selera. Rasanya bisa manis, asam, creamy, pedas, atau seperti rempah, tergantung kombinasi minuman.

Coba campuran segar dari jus apel, sirup gula putih (simple syrup), serta perasan jus lemon hingga menjadi minuman bernama Designated Appletini. Jusnya bisa dibuat sendiri atau beli yang sudah dalam kemasan. Ingin yang bersoda? Cicipi kombinasi cola, ekstrak vanila, dan jus ceri dalam minuman Soda Shop Cola.

Agar lebih seru, Anda bisa menggunakan botol shaker seperti yang digunakan bartender. Masukkan bahan-bahan ke dalamnya, tambahkan es batu, kocok-kocok hingga tercampur rata, lalu tuangkan di gelas-gelas cantik. Beri hiasan potongan buah segar dan tambahkan sedotan warna-warni.

Anda juga bisa mencampur semua bahannya, termasuk es batu, ke dalam blender. Jadilah frozen mocktail yang menyegarkan untuk buka puasa! Minuman ini nikmat dinikmati ketika bersantai di pantai atau saat udara sedang panas. Slurp!



(flo/odi)
Load Komentar ...