Sup Sirip Ikan Hiu Sebabkan Spesies Hiu Langka Nyaris Punah

- detikFood Selasa, 14 Agu 2012 12:35 WIB
Foto: camemberu.com
Jakarta - Sup sirip ikan hiu sudah banyak dilarang disajikan di negara-negara Asia. Pasalnya konsumsi sup mewah ini membuat populasi ikan hiu terancam punah. Rupanya orang Amerika masih menyukai sirip ikan yang kenyal gurih ini. Sejumlah spesies hiu langkapun terancam punah.

Sup sirip ikan hiu agaknya masih banyak digemari orang Amerika. Sebuah penelitian baru, menemukan bahwa beberapa spesies hiu terancam punah karena digunakan untuk membuat sup sirip hiu yang disajikan di restoran Amesika Serikat.

Para peneliti di Stony Brook University's Institute for Ocean Conservation Science menguji sampel DNA dari sup di 14 kota besar di seluruh Amerika dan menemukan 8 spesies yang berbeda dari hiu yang dilindungi, termasuk hiu martil bergigi, yang ada pada daftar spesies langka.

Penelitian tersebut adalah penelitian pertama yang menguji DNA pada skala besar nasional. Para peneliti menggunakan teknologi baru dari Pritzker Laboratorium di Field Museum, Chicago. Dimodifikasi dengan metode pengujian yang ada, agar dapat mengidentifikasi sampel yang telah memburuk selama perawatan sirip dan proses pemasakan.

“Ini adalah bukti lanjutan bahwa sup sirip ikan hiu memberikan kontribusi terhadap penurunan hiu secara global, tidak hanya di Asia tetapi juga di Amerika Serikat.” kata Liz Karan, manager konservasi hiu global di Pew Environment Group. Sup sirip hiu adalah makanan lezat bagi orang-orang Cina yang berharga, karena langka dan harganya mahal.

Di Amerika sendiri, semangkuk sup sirip hiu dijual dengan harga sekitar Rp 950.000. Hidangan ini telah lama diperdebatkan karena berbahaya bagi populasi hiu. Penjualan, perdagangan, dan kepemilikan sirip hiu telah dilarang di lima negara bagian Amerika serikat, termasuk California dan terakhir Illionis pada bulan Juli Lalu.

(flo/odi)