Kari Massaman, Kari Khas Thailand Untuk Kaum Muslim

ADVERTISEMENT

Kari Massaman, Kari Khas Thailand Untuk Kaum Muslim

- detikFood
Jumat, 10 Agu 2012 10:33 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Hidangan khas Thailand ini diberikan predikat sebagai salah satu makanan terenak di Asia oleh CNNGo. Racikan bumbu dan bahan yang segar membuat kari yang satu ini sangat menggugah selera. Untuk penyuka makanan pedas terutama kari, hidangan ini cocok disajikan bersama nasi hangat.

Massaman curry adalah hidangan kari khas Thailand yang berasal dari kaum muslim di Thailand. Konon hidangan ini berasal dari Thailand Tengah di pusat Ayutthaya yang pada abad ke 16 dibawa melalui utusan Persia dan pedagang.

Namun ada juga informasi yang menyebutkan hidangan ini berasal dari Thailand Selatan dan dihubungkan dengan pedagang dari Arab. Pedagang membawa rempah-rempah seperti kunyit, kayu manis, pekak, jinten cengkeh, dan pala dari Indonesia ke pantai selatan Thailand.

Karena hidangan ini berakar dari agama Islam, maka hidangan ini umumnya menggunakan daging sapi. Tetapi, terkadang bisa juga disajikan dengan daging bebek, tahu, atau ayam atau sayuran.

Bumbu kari ini terdiri dari bawang Bombay, bawang putih, jahe, kulit jeruk lemon parut, cabai merah, ketumbar, jinten, kunyit, kayu manis, cengkeh, kapulaga hijau, asam jawa, dan santan. Seperti bumbu kari lainnya, semua bahan bumbu ini dihaluskan.

Bumbu halus ditumis kemudian ditambahkan santan dan bahan lainnya seperti daging sapi, atau dagaing ayam atau sayuran. Semuanya dimasak dengan api kecil hingga kuahnya mengental dan bahan matang. Untuk aroma yang khas, daun salam ditambahkan terakhir. Kari ini enak dimakan hangat dengan kentang rebus atau nasi hangat.

(fit/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT