Legit Gurih Si Ketan Bintul Dari Serang

- detikFood Kamis, 19 Jul 2012 13:36 WIB
Foto: lastlove-lastlove.blogspot.com Foto: lastlove-lastlove.blogspot.com
Jakarta - Buat warga Serang, Banten, makanan ini selalu jadi menu favorit saat berbuka puasa. Namanya ketan bintul, yaitu olahan ketan yang legit lembut dan diberi taburan serundeng gurih di atasnya. Disebut-sebut, ketan bintul ini menu kesukaan para Sultan Banten untuk berbuka puasa!

Ketan bintul merupakan makanan yang sudah kesohor di kalangan warga Serang, Banten dan sekitarnya. Nasi ketannya diolah dengan cara dikukus, kemudian dimasukkan ke dalam wadah. Saat akan disajikan, ketan dipotong persegi. Rasa ketannya legit gurih.

Tak cuma nasi ketan polos, namun ketan bintul dilengkapi juga dengan serundeng atau kelapa parut yang disangrai bersama bumbu-bumbu. Serundengnya ini menebarkan aroma yang wangi, dengan cita rasa yang gurih manis sedikit pedas. Paduan yang pas!

Konon, ketan bintul sudah populer di Banten sejak abad ke-15. Sultan Maulana Hasanuddinpun menyukai panganan ini dan sering memakannya saat berbuka puasa. Hingga kini, ketan bintul jadi salah satu menu berbuka puasa yang banyak dijual di Serang, dan dijual sekitar Rp. 2.000 perpotongnya.

Ketan bintul dibuat dengan cara mengukus beras ketan bersama santan kental dan sedikit garam. Setelah matang, ketan kemudian dipindahkan ke dalam loyang atau wadah dan dipadatkan. Untuk membuat serundeng, kelapa parut disangrai bersama parutan lengkuas irisan bawang merah, bawang putih, dan gula merah, serta daun salam.



(flo/odi)
Load Komentar ...