Pelayan Restoran Kaget Diberi Tip Rp 4,7 Juta

- detikFood Sabtu, 14 Jul 2012 09:13 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Bagaimana rasanya diberi uang Rp 4,7 juta oleh orang tak dikenal? Tentu saja serasa tidak percaya, apalagi karena uang tersebut diberi sebagai tip ke pelayan restoran. Itulah yang terjadi pada wanita di Lexington, Kentucky, Amerika Serikat.

Saat memberikan bon kepada pelanggan, seorang waitress di restoran Puccini's Smiling Teeth diajak bicara oleh sang pria. Tak lama kemudian, sebuah amplop berisi uang $500 (Rp 4,7 juta) diberikan kepada si pelayan. Kontan, wanita ini terkejut. Berkali-kali ia menanyakan "Anda serius? Tidak bercanda, kan?" untuk meyakinkan dirinya sendiri.

Rupanya, pria ini hanya menjalankan wasiat adiknya, Aaron Collins (30), yang meninggal dunia pada Sabtu (7/7). Di saat-saat terakhirnya, Aaron berpesan untuk memberi tip besar kepada pelayan restoran. Bukan 25% dari total tagihan pizza yang disantap, melainkan $500.

Kakak Aaron juga mengatakan bahwa jika orang-orang terus menyumbang, ia dan keluarganya akan terus memberikan uang $500 kepada pelayan restoran atau orang-orang yang membutuhkan. Terharu, si waitress memeluk pria tersebut dan berkata akan membagi-bagikan uang tersebut kepada staf lain.

"Saya akan menceritakan kejadian ini terus-menerus seumur hidup saya. Seperti berada di film 'Pay It Forward'," tutur wanita itu. Jalannya peristiwa ini direkam, mulai dari keluarga Aaron memarkir mobil hingga reaksi sang waitress. Hasilnya pun diunggah ke Youtube.

Berdasarkan website yang dibuat khusus untuk mengenang Aaron Collins, Aaron adalah pria yang 'sentimental'. Hal-hal kecil yang dilakukan orang lain akan sangat menyentuh baginya. "Dia sangat dermawan meski memiliki keterbatasan harta. Pesan terakhirnya adalah semua uang yang diberikan kepadanya secara cuma-cuma harus memberi dampak bagi orang yang menerimanya," tulis website tersebut.

Sampai saat ini sudah terkumpul lebih dari $10,000 (Rp 94,3 juta) untuk donasi. Uang ini akan digunakan untuk memberi tip masing-masing $500 kepada kurang lebih 23 waiter dan waitress.

Sebelumnya sudah ada pelanggan yang memberi tip sangat besar kepada pelayan restoran. Pasangan yang langganan bersantap di D'Amico's Italian Market Cafe di Houston, Amerika Serikat, memberikan tip $5.000 kepada Greg Rubar, seorang pramusaji di sana. Rupanya, uang tersebut dimaksudkan agar Rubar membeli mobil baru setelah mobilnya rusak dihantam badai.

(dyh/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com