Sprinkles Cupcakes, Favorit Oprah Winfrey dan Paris Hilton

- detikFood Rabu, 02 Mei 2012 14:00 WIB
Foto: coutureeventssd.com Foto: coutureeventssd.com
Jakarta - Si mungil cupcake banyak disukai orang, termasuk para selebritis Hollywood. Pilihan mereka jatuh pada Sprinkles Cupcakes. Inilah salah satu cupcake bakery yang bikin demam cupcake mewabah di Amerika. Sstt... Pemiliknya dibesarkan di Indonesia lho!

Sprinkles Cupcakes adalah buah ide Candace Nelson (38), wanita Amerika yang dibesarkan di Indonesia. Waktu itu, ia kangen dengan dessert dari kampung halamannya. Namun, brownies, cookies, dan cupcakes masih sulit ditemui di sini. Akhirnya, Candace memanggang kue sendiri untuk menuntaskan kerinduannya.

“Masakan Indonesia lezat dan pedas, namun dessert tak begitu terkenal di negara ini. Jadilah saya bikin sendiri!” kata Candace seperti dikutip dari Behind The Burner. Wanita ini memang menuruni bakat membuat dessert dari neneknya yang keturunan Perancis-Amerika.

Hasratnya di bidang kuliner membuat Candace meninggalkan pekerjaannya sebagai investment banker. Ia pun mendaftar di sekolah pastry. Pada tahun 2002, Candace dan suaminya, Charles Nelson (43) mencoba cupcake di Magnolia Bakery. Dari sinilah ide membuat bakery khusus cupcake muncul.

“Inilah saatnya cupcake berhenti jadi bayang-bayang cake,” ujar Candace kepada USA Today. Mereka bertekad membuat cupcake yang lebih baik dari yang ada sekarang. Akhirnya, pasangan suami-isteri ini mendirikan gerai pertama Sprinkles di Little Santa Monica Boulevard, Beverly Hills, California, pada 13 April 2005.

Sambutannya luar biasa. Di hari pertama, cupcake ludes dalam waktu 3 jam saja. Sebanyak 2,000 cupcake pun berhasil terjual di minggu pertama. Padahal, waktu itu Amerika sedang dilanda tren diet rendah karbohidrat. Sejak saat itu, usaha cupcake bakery ini semakin berkembang. Wabah cupcake pun menyebar di Amerika Serikat.

Cupcake klasik Amerika diberi sentuhan mutakhir oleh Candace. Sprinkles hanya menggunakan bahan-bahan terbaik seperti Nielsen-Massey Madagascar Bourbon vanilla, Callebaut chocolate asal Belgia, dan meises cokelat dari Perancis. Cupcakenya dipanggang setiap hari dan bebas dari pengawet, lemak trans, maupun perasa buatan.

Ada 26 rasa yang tersedia di sini, termasuk cupcake vegan, gluten free, bahkan doggie cupcake untuk anjing! Namun, tidak semua rasa tersedia setiap hari. Dekorasinya bisa disesuaikan dengan keinginan. Per buahnya dihargai Rp 32,000, sedangkan selusin Rp 358,000.

Sprinkles mendapat tempat di hati para selebriti Hollywood. Barbra Streisand adalah salah satu pelanggan pertamanya. Penyanyi dan aktris kawakan inilah yang memperkenalkan Sprinkles kepada Oprah Winfrey.

Delapan bulan setelah Sprinkles berdiri, Candace dan Charles diminta mengirimkan 300 cupcake untuk dibagikan ke penonton acara 'Breakfast with Oprah' esok paginya. Setelah dipromosikan di acara tersebut, penjualan di gerai Beverly Hills naik 50% menjadi 1,500 cupcake per hari.

Sebagian keuntungan diberikan ke lembaga pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, dan lingkungan. Cupcake yang tak habis disumbangkan kepada Food Bank untuk disalurkan ke orang-orang tak mampu.

Selain Barbra dan Oprah, selebriti kelas atas yang juga menggemari Sprinkles adalah pasangan Tom Cruise-Katie Holmes, Blake Lively, Russel Crowe, Tyra Banks, Paris Hilton, Ryan Seacrest, Jake Gyllenhaal, dan Serena Williams. Bahkan, cupcake populer ini juga sering disajikan pada pesta Oscar. Tak heran jika Sprinkles disebut-sebut sebagai salah satu brand cupcake terbaik di Amerika.

Candace dan Charles terus berinovasi dengan produknya. Tak hanya berjualan di toko, Sprinkles juga dijajakan di mobil van atau biasa disebut SprinklesMobile. Bahkan, mereka membuat ATM cupcake pertama di dunia. Layaknya ATM yang buka 24 jam, pelanggan dapat memilih cupcake yang diinginkan lewat layar sentuh dan membayarnya dengan kartu kredit.

Untuk menjaring lebih banyak pelanggan setia, Sprinkles membuat aplikasi iPhone dan website untuk mendownload screensaver, ringtone, aplikasi mobile, wallpaper, atau bermain game. Ada pula kaus berlogo Sprinkle bagi fans fanatik brand cupcake ini.

Kini, gerai Sprinkles telah tersebar di seluruh Amerika. Perusahaan cupcake ini juga berencana membuka cabang di London, Paris, dan Tokyo. Selain dijual langsung, cupcake Sprinkles juga dipasarkan di Williams-Sonoma Amerika dan Kanada.



(fit/odi)