Unik! Pria Ini Pakai Sinar Matahari dan Mentega untuk Masak Steak

Devi Setya - detikFood Selasa, 12 Jun 2018 17:42 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Memasak steak umumnya dilakukan dengan menggunakan alat panggang dan kompor. Tapi pria ini justru memasak steak dengan panas sinar matahari.

Menikmati sepotong beef steak saat cuaca cerah memang asyik. Alih-alih langsung menyantap steak di bawah sinar matahari, seorang pria malah memasak steaknya dulu. Bukan dengan kompor, ia mengandalkan panas matahari. Penasaran dengan aksinya?

Unik! Pria Ini Pakai Sinar Matahari dan Mentega untuk Masak Steak Foto: Istimewa
Dikabarkan Foodbeast (12/6) sebuah akun YouTube dengan nama The King of Random, menunjukkan bagaimana cara mematangkan steak tanpa kompor ini. Aksi ini juga dilakukan untuk membuktikan apakah steak bisa matang jika dimasak dengan panas matahari.

Baca juga : Begini Trik Membuat Steak Empuk Juicy Menurut Anthony Bourdain

Dalam video berdurasi 7 menit ini memperlihatkan dengan jelas bagaimana proses memasaknya. Pria bernama Nate ini menata potongan daging steak pada wajan besi dan meletakkannya di bawah panas matahari.

Unik! Pria Ini Pakai Sinar Matahari dan Mentega untuk Masak Steak Foto: Istimewa
Alat untuk menyalurkan panas ini disebut Solar Scorcher yang bekerja memantulkan sinar matahari agar terpusat pada satu titik. Sekilas alat ini tampak seperti kaca pembesar raksasa.

Setelah alat ini dipusatkan pada satu titik, kemudian Nate meletakkan daging steak di bawahnya. Tak tanggung-tanggung, suhu di bawah alat ini mencapai 200 derajat Celsius. Saking panasnya, Nate harus mengenakan sarung tangan tebal untuk melindungi tangannya dari sengatan matahari ekstra panas tersebut.

Unik! Pria Ini Pakai Sinar Matahari dan Mentega untuk Masak Steak Foto: Istimewa
Secara perlahan, satu sisi daging steak matang dan mengeluarkan minyak yang terlihat juicy. Nate kemudian membalik daging ke sisi lainnya dan menambahkan butter agar rasanya lebih lezat.

Baca juga :Daging Steak Berusia 15 Tahun Ini Dihargai Rp 43 Juta!

Saat sudah matang, ia langsung menikmatinya. Tak lupa, ia juga menunjukkan bagaimana warna dan tekstur daging ketika dibelah. Berbeda dengan steak biasa, steak yang ini tampak lebih gelap.

Penasaran dengan aksinya? Lihat video selengkapnya di sini.

(dwa/odi)