Belanja Makanan Ramadan

Sebelum Makin Mahal, Belanja Daging Sapi dengan Cara Cermat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 13 Mei 2018 16:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Daging sapi bisa diolah jadi ragam makanan enak selama bulan puasa. Kalau mau membelinya, perhatikan dulu beberapa hal ini.

Belanja daging sapi ada triknya. Mulai dari mengenali ciri daging sapi berkualitas hingga membelinya sesuai kebutuhan. Bagaimana dengan harganya? Yuk, simak tips belanja daging sapi dari detikFood (13/5) berikut ini.

1. Harga di pasaran
Daging sapi bisa dibeli di swalayan atau pasar. Di pasar tradisional, harga per kg daging sapi kini sekitar Rp 120.000. Harga ini dikatakan pedagang masih cenderung stabil. Namun tak menutup kemungkinan harga naik hingga Rp 125.000 sampai Rp 140.000 per kg mendekati lebaran.

Sebelum Makin Mahal, Belanja Daging Sapi dengan Cara Cermat IniFoto: Trio Hamdani

Baca Juga: Sebelum Belanja, Cek Harga Daging Ayam hingga Telur Dulu Yuk!

2. Jenis Potongan
Tak asal membeli daging sapi, belilah sesuai kebutuhan memasak. Tiap jenis potongan daging sapi cocok diolah jadi hidangan tertentu. Penjual biasanya sudah paham mengenai hal ini. Daging rendang, misalnya, cocok memakai bagian paha sapi karena lemaknya sedikit. Kalau untuk sop, ada iga yang mengandung lebih banyak lemak. Sementara untuk semur bisa memakai lemusir sapi dan rawon menggunakan sandung lamur.

3. Beli sesuai kebutuhan
Layaknya bahan makanan segar lain, daging sapi juga sebaiknya langsung diolah. Anda bisa membeli daging sapi sesuai kebutuhan memasak. Tapi kalau mau dijadikan stok juga bisa. Pastikan menyimpan daging dalam freezer besuhu sekitar -1 sampai -5 derajat Celsius. Saat ingin dimasak, taruh daging di chiller agar daging tidak beku saat diolah (proses thawing). Selama disimpan beku di freezer, daging sapi bisa bertahan 1 tahun lamanya.

Sebelum Makin Mahal, Belanja Daging Sapi dengan Cara Cermat IniFoto: iStock

4. Ciri daging sapi berkualitas
Kenali daging sapi segar dan berkualitas dari tampilan fisiknya. Daging harus berwarna merah terang alami. Aromanya juga harus segar, bukan tajam atau busuk. Saat dipencet, tekstur daging seharusnya sedikit keras dan bisa kembali ke bentuk semula dengan cepat usai ditekan.

5. Olahan daging
Daging enak diolah jadi beragam santapan. Salah satu yang terfavorit karena rasanya enak dan tahan lama adalah rendang. Resep rendang Padang bisa diintip di sini. Kalau mau buat sup yang segar, resepnya ini. Tertarik coba semur daging ala Betawi, resepnya ada di sini. Satu lagi olahan daging enak, rawon khas Surabaya yang bisa dibuat dengan mengintip resep ini.

Baca Juga: Sebaiknya Persiapkan Stok Daging Cincang Buat Sajian Puasa yang Praktis (adr/odi)
Menu Ke-13 : Jelang Akhir Pekan Masak Soto Betawi dan Soto Padang yang Gurih Mantap

Menu Ke-13 : Jelang Akhir Pekan Masak Soto Betawi dan Soto Padang yang Gurih Mantap