Wow, Toko Roti Ini Pecahkan Rekor dengan Ciptakan Cinnamon Roll Setengah Ton

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 13 Apr 2018 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Toko roti ini berhasil memecahkan Guinness World Records dengan membuat cinnamon roll raksasa. Roti kayu manis ini memiliki berat sekitar setengah ton.

Wolferman merupakan toko roti gourmet yang berhasil memecahkan rekor dunia karena membuat roti kayu manis terbesar. Beratnya 1,149 pounds atau 521 Kg yang melebihi berat rata-rata rusa dewasa. Sebelumnya, sempat ada rekor cinnamon roll namun beratnya hanya 609 pound atau 276 Kg.

Cinnamon rolls raksasa ini dibuat di Harry & David Corporate Campus di Medford, Oregon. Dikutip dalam The Daily Meal (12/04) adonan yang dibuat dapat membentang sepanjang 9 kaki atau hampir 3 meter. Adonannya dibuat dengan menggunakan peralatan khusus dan panci stainless yang dapat memuat 800 pon atau 363 Kg adonan kayu manis.
Wow, Toko Roti Ini Pecahkan Rekor dengan Ciptakan Cinnamon Roll Setengah TonFoto: Istimewa
Baca juga: Pria Ini Berhasil Membuat Victoria Sponge Cake Terbesar di Dunia

Bagaimana ya cara memanggangnya? Tentu saja tidak ada oven konvensional yang cukup untuk menampung adonan ini. Tim teknik dan mekanik membuat panci khusus seberat 1.400 poun atau 635 Kg dengan dipasang pembakar propaganda yang kuat di bawahnya untuk memanggang bahan-bahan tersebut. Kemudian barulah adonan digulung.
Wow, Toko Roti Ini Pecahkan Rekor dengan Ciptakan Cinnamon Roll Setengah TonFoto: Istimewa
Wolferman akan menjual irisan cinnamon roll raksasa ini seharga $2 atau Rp 27.500 per potong di Festival Pear Blossom tahunan di Medford. Perayaan ini dilakukan untuk menghormati makanan, rasa dan koki yang luar biasa dari Rogue Valley. Semua keuntungan penjualan yang dihasilkan dari cinnamon roll ini akan disumbangkan ke Teresa McCormick Center, sumber daya komunitas lokal yang didedikasikan untuk menyediakan pendidikan dan bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

Untuk merayakan Guinness World Record, Wolferman juga menawarkan versi edisi terbatas dengan berat 5 pon 2,2 Kg dengan harga $50 atau Rp 685.000. Ini dibuat dari 2,2 Kg adonan, gula kayu manis dan krim keju yang cukup dimakan untuk 40 orang.

Baca juga: Ini Makanan Super Besar Pemecah Rekor Dunia, dari Tumpeng hingga Burger (1) (dvs/odi)