Waduh! Peneliti Sebut Ada 100 Partikel Plastik di Tiap Makanan, Ini Penjelasannya

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 12 Apr 2018 11:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebuah penelitian baru menunjukkan banyaknya komponen plastik yang ditemukan dalam tip makanan. Hal ini bisa berakibat serius bagi kesehatan tubuh manusia.

Jika mendengar makanan plastik, kebanyakan orang akan berasumsi bahwa makanan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang terbuat atau terpapar plastik. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa hal ini tidak ada hubungannya dengan bahan makanan yang digunakan.

Baca Juga: Amankah Menyantap Makanan Panas di Mangkuk Plastik?
Waduh! Peneliti Sebut Ada 100 Partikel Plastik di Tiap Makanan, Ini PenjelesannyaFoto: iStock
Menurut studi terbaru yang diterbitkan oleh Environmental Pollution, lebih dari 100 bagian kecil dari partikel plastik yang disebut sebagai mikroplastik ditemukan dalam setiap makanan.

Dilansir dari Iflscience (12/04), mikroplastik ini mungkin tidak berasal dari makanan atau peralatan dapur yang digunakan, tapi lebih ke debu yang berada di rumah bersama dengan ribuan bakteri dan jamur di dalamnya.

Para peneliti menempatkan empat alat perangkap debu di samping piring makanan, di tiga rumah yang terpisah ketika waktu makan. Hasilnya mereka menemukan 14 buah plastik di setiap alat perangkap debu, hanya dalam kurun waktu 20 menit saja.
Waduh! Peneliti Sebut Ada 100 Partikel Plastik di Tiap Makanan, Ini PenjelesannyaFoto: iStock
Sementara untuk ukuran piring makan yang lebih besar, diperkirakan ada 114 serat plastik yang menempel di makanan. Di mana jika ditotalkan satu orang bisa mengonsumsi 13.713 hingga 68.145 serat plastik setiap tahunnya.

Mikroplastik ini merupakan pecahan plastik dari benda-benda besar, yang umumnya berada dalam segala macam benda, termasuk kain sintesis, karpet, ban mobil, dan pakaian. Semua benda ini mengandung potongan-potongan plastik kecil, yang tertiup oleh angin menjadi debu.

Penelitian ini juga membandingkan penemuan serat plastik di kerang, dengan rata-rata serat plastik yang ditemukan dalam rumah.
Waduh! Peneliti Sebut Ada 100 Partikel Plastik di Tiap Makanan, Ini PenjelesannyaFoto: iStock
"Hasil ini mungkin mengejutkan bagi beberapa orang yang mengira bahwa serat plastik jauh lebih tinggi di seafood, faktanya serat plastik ditemukan lebih banyak di lingkungan rumah," ungkap salah satu peneliti Dokter Ted Henry.

Sebelumnya, mikroplastik ini memang dapat ditemukan dalam setiap partikel air terutama ikan-ikan di laut. The United Nations pun telah mengeluarkan peringatan bahayanya mengonsumsi produk ikan yang mengandung partikel plastik.

Sementara itu Ted dan peneliti yang lain mengatakan bahwa informasi lebih lanjut diperlukan, untuk memahami implikasi lebih lanjut dari mengonsumsi mikroplastik ke dalam tubuh.

Baca Juga: Wadah Plastik Belum Tentu Aman untuk Panaskan Makanan di Microwave (sob/adr)